Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pekan Ini, 3 Emiten Rilis Surat Utang Rp3,38 Triliun

Tiga emiten yang mencatatkan surat utang di Bursa Efek Indonesia sepanjang pekan ini adalah PT Indonesia Infrastructure Finance, PT  Bussan Auto Finance, dan  PT Sinas Mas Agro Resources and Technology Tbk (SMART)
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 24 Oktober 2020  |  10:08 WIB
Karyawan beraktifitas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (9/9/2020). Bisnis - Abdurachman
Karyawan beraktifitas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (9/9/2020). Bisnis - Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA - Bursa Efek Indonesia mencatat penerbitan surat utang sepanjang pekan ini mencapai Rp3,38 triliun, terdiri dari dua emisi obligasi dan satu emisi sukuk.


Data Bursa Efek Indonesia (BEI) menunjukkan, selama periode 19 – 23 Oktober 2020 PT Indonesia Infrastructure Finance, PT  Bussan Auto Finance, dan  PT Sinas Mas Agro Resources and Technology Tbk (SMART) mencatatkan surat utang di BEI.

Indonesia Infrastructure Finance mencatatkan Obligasi Berkelanjutan I Indonesia Infrastructure Finance Tahap II Tahun 2020 (Obligasi) pada Kamis (22/10/2020) dengan nilai nominal Rp1,5 triliun. Obligasi tersebut mendapat peringkat idAAA dari lembaga pemeringkat PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) untuk Obligasi ini adalah idAAA (Triple A). 

Kemudian, emiten Grup Sinarmas, SMART juga mencatatkan Obligasi Berkelanjutan II SMART Tahap II Tahun 2020 senilai Rp1,4 triliun. Obligasi ini mendapat peringkat idA+ dari Pefindo.

Tidak ketinggalan, Bussan Auto Finance Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I pada Jumat (23/10/2020) sebesar Rp485 miliar. Sukuk ini mendapat peringkat AAA(idn) dari  PT Fitch Rating Indonesia.

Dengan ketiga pencatatan tersebut, total emisi Obligasi dan Sukuk yang sudah tercatat sepanjang tahun berjalan 2020 adalah 88 Emisi dari 55 Emiten senilai Rp71,01 triliun. 

Secara keseluruhan, total emisi Obligasi dan Sukuk korporasi yang tercatat di BEI berjumlah 464 emisi dengan nilai nominal outstanding sebesar Rp439,73 triliun dan USD47,5 juta. Jumlah tersebut diterbitkan oleh 127 Emiten.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Obligasi bursa efek indonesia
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top