Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Berkart Digitalisasi, Kinerja MNC Sekuritas Moncer di Tengah Pandemi

Selama pandemi, pembukaan rekening saham full online melalui aplikasi MNC Trade New tercatat secara rata-rata naik 58 persen selama bulan April – Agustus 2020 dibandingkan masa sebelum pandemi.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 17 September 2020  |  20:54 WIB
Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina. Bisnis - Himawan L Nugraha
Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina. Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - PT MNC Sekuritas mencatat peningkatan rekening baru dan nilai transaksi secara online di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Kinerja tersebut mencerminkan geliat investasi pasar modal yang masih bertumbuh.

Berdasarkan data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), jumlah investor pasar modal per Juli 2020 telah mencapai lebih dari 3 juta investor. Bahkan, sejak awal tahun peningkatan single investor identification (SID) mencapai sebesar 21,77 persen. 

Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina mengungkapkan, pertumbuhan investor pasar modal Indonesia dalam masa physical distancing ini didukung oleh tersedianya produk dan layanan digital, sehingga masyarakat tidak perlu ke kantor cabang atau menyerahkan dokumen fisik.

Susy menjabarkan, saat ini beragam produk digital yang dimiliki MNC Sekuritas bervariasi,   mulai dari aplikasi online trading MNC Trade & MNC Trade Syariah hingga layanan pembelajaran saham untuk pemula MNC Virtual Trading.

“Yang terbaru MNC Research untuk mengakses berita ekonomi dan rekomendasi saham secara berkala dari tim riset MNC Sekuritas,” jelas Susy dalam webinar yang digelar Kamis (17/9/2020).

Selama pandemi, pembukaan rekening saham full online melalui aplikasi MNC Trade New tercatat secara rata-rata naik 58 persen selama bulan April – Agustus 2020 dibandingkan masa sebelum pandemi.

Tak hanya itu, nilai transaksi dari platform online trading MNC Trade New mencapai 50 persen dari total transaksi nasabah retail per Agustus 2020, meningkat 32 persen dibandingkan periode yang sama sebelumnya.

Di sisi lain, Bursa Efek Indonesia juga aktif melakukan utilisasi teknologi untuk kegiatan edukasi dan pengembangan pasar. Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Inarno Djajadi juga mengungkapkan dukungannya kepada MNC Sekuritas terkait upaya pengembangan pasar modal yang dilakukan.

“Bursa Efek Indonesia sangat mengapresiasi partisipasi aktif MNC Sekuritas dalam upaya peningkatan literasi Pasar Modal Indonesia, terutama di masa Pandemi Covid-19,” tutur Inarno.

Bersamaan dengan Inarno, Komisaris Bursa Efek Indonesia Pandu Patria Sjahrir juga mengungkapkan pentingnya literasi mengenai pasar modal untuk terus mengembangkan potensi investasi terutama dari investor ritel.

“Investor pasar modal tumbuh sekitar 20 persen dibanding tahun lalu, tapi jika dibandingkan populasi penduduk Indonesia, jumlah investor kita masih sangat kecil, kurang dari 2 persen atau sekitar 3,1 juta dibanding 270 juta penduduk Indonesia,” ungkap Pandu.

Menurutnya, disinilah peran penting seluruh pihak untuk memberikan kontribusi dalam kapasitasnya masing-masing dalam memberikan literasi yang baik kepada masyarakat mengenai pasar modal Indonesia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mnc sekuritas
Editor : Rivki Maulana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top