Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pacu Kapasitas Jaringan, XL Axiata (EXCL) Lanjutkan Program Fiberisasi

Fiberisasi mampu meningkatkan kapasitas transport jaringan hingga lebih dari 5 kali lipat dibandingkan transport bukan fiber.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 26 Agustus 2020  |  09:40 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – PT XL Axiata Tbk. bakal melanjutkan fiberisasi jaringan tahun depan. XL Axiata memasang target lebih realistis dengan mengincar wilayah-wilayah yang memungkinkan untuk digelar jaringan serat optik (fiber).

Plt. Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan bahwa perseroan masih terus menggenjot pembangunan fiberisasi jaringan XL untuk memberikan layanan yang andal kepada pelanggan.

Hingga Agustus 2020, kata Gede, fiberisasi yang dilakukan XL telah mencapai 60 persen dari target 70 persen hingga akhir tahun.

Adapun mengenai target fiberisasi XL Axiata pada tahun depan, sebut Gede, hanya dilakukan pada wilayah-wilayah yang memungkinkan untuk digelar jaringan serat optik. XL memasang target fiberisasi sebagaimana tahun 2019 dan 2020.

“Wilayah Indonesia yang beraneka ragam membutuhkan solusi transmisi akses yang tepat sesuai dengan lokasinya,” kata Gede kepada Bisnis beberapa waktu lalu

Sekadar catatan, XL terus mematangkan persiapan untuk menyambut layanan 5G, dengan melakukan fiberisasi di seluruh jaringan. Fiberisasi mampu meningkatkan kapasitas transport jaringan hingga lebih dari 5 kali lipat dibandingkan transport bukan fiber.

XL Axiata menargetkan hingga akhir 2019, sekitar 50% BTS XL Axiata akan terhubung dengan jaringan serat optik atau fiber. Kemudian, pada akhir 2020 targetnya makin meningkat menjadi sekitar 60%—70%.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata telekomunikasi fiber optik Kinerja Emiten
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top