Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Daftar Reksa Dana Paling Moncer per April 2020

Berdasarkan data Infovesta Utama per 30 April 2020, Pacific Equity Optimum Fund besutan PT Pacific Capital Investment mencetak return 10,85 persen secara year-to-date.
ILUSTRASI REKSA DANA. Bisnis/Himawan L Nugraha
ILUSTRASI REKSA DANA. Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, PEKANBARU - Sebanyak satu produk dari jenis reksa dana saham dan reksa dana pendapatan tetap masih memberikan imbal hasil positif dobel digit sejak awal tahun ini.

Berdasarkan data Infovesta Utama per 30 April 2020, Pacific Equity Optimum Fund besutan PT Pacific Capital Investment mencetak return 10,85 persen secara year-to-date.

Berikutnya, Simas Income Fund yang dikelola PT Sinarmas Asset Management mencatatkan kinerja sebesar 10,30 persen ytd.

Adapun, di tengah kondisi pasar saham maupun pasar surat utang yang masih penuh tekanan, hanya indeks reksa dana pasar uang yang bertahan di zona hijau secara ytd.

Artinya, hanya produk reksa dana yang berinvestasi di deposito dan surat utang jangka pendek ini yang tidak memberikan imbal hasil negatif kepada investornya.

Indeks reksa dana pasar uang yang tercermin lewat Infovesta Money Market Fund Index tercatat sebesar 1,54 persen ytd atau mendekati indeks acuan LPS sebesar 1,61 persen ytd.

Sementara itu, kinerja indeks reksa dana saham yang tercermin lewat Infovesta Equity Fund Index terperosok paling dalam sebesar -27,67 persen ytd atau lebih parah dibandingkan IHSG sebagai acuannya yang turun -25,13 persen ytd.

Menyusul berikutnya indeks reksa dana campuran yang tercermin lewat Infovesta Balanced Fund Index yang terdepresiasi -15,58 persen juga lebih buruk dibandingkan indeks acuannya yang sebesar -13,08 persen

Sedikit lebih baik, indeks reksa dana pendapatan tetap yang tercermin lewat Infovesta Fixed Income Fund Index melemah -1,14 persen sementara indeks acuannya masih bertahan di area positif dengan kinerja 0,29 persen.

Dalam laporan mingguannya, Infovesta Utama menunjukkan minat manajer investasi untuk menerbitkan produk reksa dana anyar masih terlihat pada April 2020. Sebanyak 22 produk reksa dana baru diluncurkan yang mana sebagian besar merupakan reksa dana terproteksi sebanyak 16 produk.

Adapun, reksa dana terproteksi paling banyak diterbitkan lantaran produk ini menjadi pilihan alternatif bagi investor yang menginginkan cash flow dari investasinya secara periodik lewat pembagian dividen. Hal itu pun membuat imbal hasil yang akan diterima investor menjadi jelas (visible).

“Reksa dana terproteksi dapat menjadi alternatif investasi invesrot, selain reksa dana pasar uang dan reksa dana pendapatan tetap,” tulis Infovesta Utama, Senin (4/5/2020).

Di sisi lain, tak kunjung membaiknya kinerja indeks harga saham gabungan (IHSG) tetap tak menyurutkan minat fund manager mengeluarkan sebanyak 3 produk reksa dana saham pada bulan lalu.

Sementara itu, ruang pemangkasan suku bunga dari Bank Indonesia dan keputusan Bank Sentral AS (Federal Reserve) untuk menahan Fed Funds Rate diharapkan bisa mempertahankan aura positifi di pasar surat utang.

Manajer investasi pun mengeluarkan 3 produk baru untuk kelas pendapatan tetap pada April 2020 diikuti 1 produk reksa dana campuran.

Berikut produk reksa dana dengan return tertinggi secara year to date per 30 April 2020:


 

 

REKSA DANA SAHAM

Return (YTD)

Pacific Equity Optimum Fund

10,85

Pacific Equity Flexi Fund

3,92

Victoria Equity Maxima

3,40

Simas Equity Syariah

1,63

Milenium Equity Prima Plus

-6,42

 

 

REKSA DANA CAMPURAN

 

Danamas Fleksi

2,38

Simas Balance Gemilang

1,10

Majoris Syariah Dana Lestari Universitas Syiah Kuala Indonesia

0,83

Simas Balance Cemerlang

0,61

Post Diamond Balanced Strategy

-1,79

 

 

REKSA DANA PENDAPATAN TETAP

 

Simas Income Fund

10,30

Manulife Obligasi Unggulan Kelas A

3,88

Mandiri Investasi Obligasi Nasional

3,79

Mega Asset Mantap Plus

3,20

Simas Pendapatan Tetap Andalan

3,02

 

 

REKSA DANA PASAR UANG

 

Caital Money Market Fund

2,38

Mega Asset Multicash

2,34

Sucorinvest Sharia Money Market Fund

2,33

Sucorinvest Money Market Fund

2,33

Maybank Dana Pasar Uang

2,18

Sumber: Infovesta Utama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper