Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Sawit di Mukomuko Turun 60-100 Rupiah per Kg

Harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit oleh semua pabrik minyak kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, turun berkisar Rp60 per kilogram hingga Rp100 per kg sejak beberapa hari terakhir diduga karena pengaruh penurunan harga minyak mentah kelapa sawit atau CPO dunia.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, MUKOMUKO - Harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit oleh semua pabrik minyak kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, turun berkisar Rp60 per kilogram hingga Rp100 per kg sejak beberapa hari terakhir diduga karena pengaruh penurunan harga minyak mentah kelapa sawit atau CPO dunia.

“Harga sawit turun berkisar Rp60 per kg hingga Rp100 per kg hampir di semua pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini,” kata Kasi Budi Daya Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sudianto dalam keterangannya di Mukomuko, Jumat (31/1/2020) seperti dilaporkan Antara.

Ia mengatakan setelah mendapatkan data harga tandan buah segar kelapa sawit terhitung pada tanggal 29 Januari 2020 dari semua pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini.

Ia mengatakan, pabrik minyak kelapa sawit PT Sapta Sentosa Jaya Abadi (SSJA) yang mulai membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani dengan harga lebih rendah dibandingkan sebelumnya.

Sekarang ini hampir mayoritas pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani setempat dengan harga lebih rendah dibandingkan sebelumnya.

Ia menyebutkan, harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit oleh sejumlah pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini turun di PT Sapta Sentosa Jaya Abadi (SSJA) turun dari sebesar Rp1.760 per kg menjadi Rp1.700 per kg.

Kemudian harga sawit di PT KSM turun dari Rp1.740 per kg menjadi Rp1.610 per kg, PT MMIL turun dari Rp1.740 per kg menjadi Rp1.590 per kg, PT SSS turun dari sebesar Rp1.710 per kg menjadi Rp1.660 per kg, PT SAP turun dari Rp1.700 per kg menjadi Rp1.640 per kg.

Lalu harga sawit di PT KAS turun dari sebesar Rp1.740 per kg menjadi Rp1.590 per kg, PT DDP turun dari sebesar Rp1.780 per kg menjadi Rp1.635 per kg, PT USM turun dari Rp1.870 per kg menjadi Rp1.740 per kg, PT BMK turun dari Rp1.820 per kg menjadi Rp 1.690 per kg dan PT GSS turun dari Rp1.830 per kg menjadi 1.680 per kg.

Ia menyatakan, meskipun harga pembelian tandan buah segar oleh hampir semua pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini turun, namun pembelian sawit oleh pabrik di daerah ini lebih lebih tinggi dibandingkan dengan harga ketentuan tim perumus komoditas perkebunan ini sebesar Rp1.644 per kilogram.

Dinas Tanaman Pangan, Holtikuktura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu telah menetapkan harga TBS kelapa sawit di tingkat pabrik di daerah ini untuk 22 Januari hingga 22 Februari 2020 sebesar Rp1.644 per kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Sutarno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper