Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

SMF Terbitkan Obligasi Rp4,46 Triliun

Untuk tahap awal akan diterbitkan senilai Rp3,5 triliun dan menyisakan sekitar Rp960 miliar yang dijamin secara best effort.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 31 Januari 2020  |  21:33 WIB
Logo PT Sarana Multigriya Finansial (Persero). - Istimewa
Logo PT Sarana Multigriya Finansial (Persero). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF siap menerbitkan PUB V Tahap III tahun 2020 senilai Rp4,46 triliun.

Berdasarkan laporan dari IDX pada Jumat (31/1/2020), obligasi ini diterbitkan dengan jumlah pokok sebesar Rp3,5 triliun yang dijamin secara kesanggupan penuh (Full Commitment). 

Obligasi terbagi menjadi dua seri, yakni seri A senilai Rp1,46 triliun dengan tingkat bunga tetap sebesar 6 persen per tahun, berjangka waktu satu tahun. Pembayaran Pokok Obligasi Seri A secara penuh akan dilakukan pada tanggal pelunasan Seri A yaitu pada tanggal 28 Februari 2021. 

Adapun seri B sejumlah Rp2,04 triliun dengan tingkat bunga tetap sebesar 7,50% per tahun, berjangka waktu 5 (lima) tahun sejak tanggal emisi. 

Dengan demikian, sisa dari jumlah pokok yang ditawarkan sebanyak-banyaknya Rp960 miliar akan dijamin secara kesanggupan terbaik (best effort). Bila jumlah dalam penjaminan kesanggupan terbaik tidak terjual sebagian atau seluruhnya, maka sisa yang tidak terjual tersebut tidak menjadi kewajiban Perseroan untuk menerbitkan Obligasi tersebut. 

Berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), obligasi jatuh tempo perseroan pada tahun 2020 mencapai Rp3,70 triliun.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Obligasi smf
Editor : Anggara Pernando
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top