Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Analis OCBC : Bursa Saham Singapura Dapat Bertahan Meski Kesepakatan Perdagangan Gagal

Pasar saham Singapura diperkirakan masih bertahan jika pembicaraan perdagangan antara Amerika Serikat–China gagal mencapai kesepakatan, menurut Oversea-Chinese Banking Corp.
Bursa Singapura SGX (Singapore Stock Exchange).  Reuters/Edgar Su
Bursa Singapura SGX (Singapore Stock Exchange). Reuters/Edgar Su

Bisnis.com, JAKARTA – Pasar saham Singapura diperkirakan masih bertahan jika pembicaraan perdagangan antara Amerika Serikat- China gagal mencapai kesepakatan, menurut Oversea-Chinese Banking Corp.

Kepala riset dan investasi OCBC Carmen Lee mengatakan, bahkan jika negosiasi AS-China tidak menghasilkan apa-apa, indeks FTSE Straits Times akan tergelincir kurang dari 1 persen tahun depan. Valuasi yang rendah ditambah pemulihan pendapatan dan dividen akan menjaga sisi negatifnya.

"Valuasi tidak mahal, hasil dividen tinggi, dan rasio harga saham terhadap pendapatan di bawah rata-rata," kata Lee, seperti dikutip Bloomberg. Pengurangan biaya dan penurunan suku bunga akan membantu pendapatan emiten pada indeks, tambahnya.

Prediksinya memperhitungkan kesepakatan terbatas antara AS dan China, dan level indeks saham Singapura pada 3.435, yang menyiratkan kenaikan 6,7 persen dari penutupan Senin. Indeks dapat naik 14 persen dalam skenario bullish, kata Lee.

Bursa saham Singapura telah meningkat 4,7 persen tahun ini dibandingkan dengan return indeks MSCI Asia Pacific sebesar 13 persen, di tengah meningkatnya ketegangan perdagangan antara dua mitra dagang terbesar Singapura tersebut..

Meskipun melemah dari level Agustus, spread antara estimasi yield dividen pada indeks Straits Times dan yield obligasi 10 tahun Singapura masih mendekati level tertinggi sejak 2009.

Indeks Straits Time, yang memperkirakan penurunan pendapatan pada sejumlah emitennya, akan melihat pertumbuhan laba 4 persen pada tahun 2020, kata Lee. Valuasi juga akan berkembang, tambahnya.

Sementara itu, analis di Citigroup Inc. dan DBS Bank Ltd. awal pekan ini mengatakan bahwa pendapatan perusahaan Singapura mungkin telah mencapai titik terendah dan akan segera rebound, karena ketegangan perdagangan AS dan China mereda dan pertumbuhan ekonomi global membaik.

Bursa saham global menuju tren kenaikan di tengah harapan bahwa kesepakatan perdagangan akan segera terjadi.

China pada hari Selasa mengatakan bahwa kedua negara telah "mencapai konsensus tentang penyelesaian masalah yang relevan " dan setuju untuk tetap berhubungan untuk membahas poin-poin yang tersisa untuk kesepakatan perdagangan fase pertama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper