Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penghimpunan Dana dari Surat Berharga Tumbuh Signifikan

Pertumbuhan dana masyarakat yang dihimpun dari surat berharga oleh industri perbankan naik tinggi dibanding dana pihak ketiga (DPK).

Bisnis.com, JAKARTA – Pertumbuhan dana masyarakat yang dihimpun dari surat berharga oleh industri perbankan naik tinggi dibanding dana pihak ketiga (DPK).

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga Agustus 2019 kenaikan dana yang dihimpun dari penerbitan surat berharga mencapai 21,72% secara tahunan (year-on-year/yoy) menjadi Rp128,6 triliun. Pertumbuhan ini lebih tinggi dibanding kenaikan DPK pada periode yang sama sebesar 7,61% yoy.

Kenaikan dana himpunan dari surat berharga pada periode tersebut juga tercatat lebih tinggi dibanding tahun lalu. Pada penghujung Agustus 2018 sumber dana dari penerbitan surat berharga industri perbankan tercatat turun 2,67%.

Jika dibedah lebih lanjut, pertumbuhan sumber dana dari surat berharga paling tinggi terjadi pada bank umum kelompok usaha (BUKU) IV. Dana yang dihimpun dari surat berharga bank di kategori ini tumbuh 55,81% menjadi Rp79 triliun hingga Agustus 2019.

Pertumbuhan pada BUKU IV paling besar dibanding posisi bank pada kelompok lain.

Sebagai perbandingan, nilai simpanan bersumber dari surat berharga pada bank BUKU III tercatat turun 14,54% secara tahunan di periode yang sama. Penurunan tajam juga terjadi di bank BUKU I yang simpanan dari surat berharganya berkurang 44,97% yoy.

Sementara itu, simpanan dari sumber tersebut mengalami kenaikan pada bank di BUKU II. Nilai kenaikannya mencapai 7,79% yoy menjadi Rp8,3 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Lalu Rahadian
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper