Prediksi Pasar Saham 23 Juli 2019, Pelemahan IHSG Berlanjut?

Reliance Sekuritas Indonesia merekomendasikan saham-saham yang masih dapat dicermati pada perdagangan Selasa (23/7/2019) di antaranya adalah LSIP, CPIN, BBTN, BMRI, MEDC, ACES, ESSA.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 22 Juli 2019  |  20:47 WIB
Prediksi Pasar Saham 23 Juli 2019, Pelemahan IHSG Berlanjut?
Siluet karyawan di dekat layar monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (13/6/2019). - Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA — Indeks harga saham gabungan diproyeksikan melanjutkan pelemahannya setelah pada perdagangan sebelumnya ditutup pada zona merah.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tergelincir dari relinya dan ditutup di zona merah pada perdagangan Selasa (22/7/2019). Berdasarkan data Bloomberg, IHSG berakhir melemah 0,36% atau 22,99 poin menuju level 6.433,55 dari level penutupan perdagangan sebelumnya.

Tujuh dari sembilan sektor berakhir di wilayah negatif, dipimpin barang konsumsi yang melemah 1,09% dan sektor perdagangan yang melemah 0,99%. Adapun sektor industri dasar dan finansial masing-masing naik 0,25% dan 0,17%.

Dari 652 saham yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, sebanyak 157 saham menguat, 263 saham melemah, dan 232 saham stagnan.

Saham PT HM Sampoerna Tbk. (HMSP) dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) yang masing-masing turun 2,54%dan 1,27% menjadi penekan utama pergerakan IHSG.

Analis Reliance Sekuritas Indonesia, Lanjar Nafi dalam riset nya menyebutkan bahwa candlestick pada pergerakan IHSG membentuk pola dark cloud cover dengan potensi melemah kembali menguji level psikologis 6400 dan MA20 pada kisaran 6382.

Indikator yang berfluktuatif pada middle oscillator memberikan gambaran pergerakan yang cenderung bervariasi pada perdagangan IHSG kedepan.

“Sehingga secara teknikal kami memproyeksikan IHSG akan kembali bergerak melemah dengan support resistance 6382-6450,” sebutnya.

Di sisi lain, analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan menyebutkan bahwa IHSG diprediksi akan menguat.

Dia menjelaskan bahwa secara teknikal peluang penguatan masih terbuka terlihat dari indikator stochastic yang mulai melebar setelah membentuk golden cross.

“Namun pergerakan diperkirakan akan terbatas diakibatkan oleh minimnya sentimen,” jelasnya.

Adapun, Reliance Sekuritas Indonesia merekomendasikan saham-saham yang masih dapat dicermati pada perdagangan Selasa (23/7/2019) di antaranya adalah LSIP, CPIN, BBTN, BMRI, MEDC, ACES, ESSA.

Sementara itu, Artha Sekuritas Indonesia merekomendasikan saham BSDE, SMRA, dan JSMR untuk dapat dicermati.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
IHSG, prediksi ihsg, rekomendasi saham

Editor : M. Taufikul Basari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top