Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Akuisisi 55 Persen Saham Fajar Surya Wisesa (FASW), SCG Gelontorkan Rp9,6 Triliun

Grup konglomerasi asal Thailand Siam Cement Group (SCG) menggelontorkan Rp9,6 triliun untuk mengakuisisi 55% saham PT Fajar Surya Wisesa Tbk. yang diperkirakan selesai pada kuartal III/2019. 
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 13 Mei 2019  |  07:22 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Grup konglomerasi asal Thailand Siam Cement Group (SCG) menggelontorkan Rp9,6 triliun untuk mengakuisisi 55% saham PT Fajar Surya Wisesa Tbk. yang diperkirakan selesai pada kuartal III/2019. 

President dan CEO The Siam Cement Public Company Limited (SCC) Roongrote Rangsiyopash mengumumkan bahwa SCG Packaging Public Company Limited (SCG Packaging), bisnis inti SCC di bisnis produk kertas kemasan dengan kepemilikan 99,04%, telah memasuki perjanjian jual beli bersyarat 55% saham PT Fajar Surya Wisesa Tbk. dari pemegang saham yang ada. Transaksi ini akan dijalankan melalui entitas anak SCG Packaging. 

Dia mengatakan, nilai transaksi itu sekitar Rp9,6 triliun yang bersumber dari kas internal. Transaksi ini diperkirakan selesai pada kuartal III/2019. 

"Setelah selesai transaksi ini akan dilakukan penawaran tender wajib sebagaimana diwajibkan oleh OJK dan BEI," katanya dikutip dari keterangan resminya pada Minggu (12/5/2019). 

Dia mengatakan, akuisisi ini memungkinan SCG untuk meningkatkan pertumbuhan di Asean, terutama di Indonesia yang memberikan peluang pertumbuhan yang besar di masa depan bagi SCG Packaging.

Mengingat populasi Indonesia sebanyak 270 juta dan konsumsi kertas kemasan per kapita, potensi pertumbuhan pasarnya hampir 3 kali dari Thailand. 

Fajar Surya Wisesa merupakan emiten produsen kertas kemasan dengan kapasitas terpasang 1,3 juta metrik ton per tahun dan tercatat di BEI dengan kode saham FASW. Pada 2018, perseroan membukukan penjualan bersih senilai Rp9,94 triliun atau naik 35,45% secara tahunan.

Adapun, laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp1,40 triliun atau naik 141,27% secara tahunan. 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

scg kinerja emiten fajar surya wisesa
Editor : Riendy Astria

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top