Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

AS dan China Sepakat Damai, Nikkei Menguat 2,6 Persen Sepekan

Indeks Nikkei Jepang ditutup menguat pada perdagangan akhir pekan sekaligus mencatatkan penguatan Nikkei sebesar 2,62% selama sepekan. Hal ini didorong sentimen akan berdamainya pimpinan Amerika Serikat dan China soal perdagangan bilateral.
Hafiyyan
Hafiyyan - Bisnis.com 05 April 2019  |  18:09 WIB
Ilustrasi - Bursa Jepang. - Bisnis/Bloomberg
Ilustrasi - Bursa Jepang. - Bisnis/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA—Indeks Nikkei Jepang ditutup menguat pada perdagangan akhir pekan sekaligus mencatatkan penguatan Nikkei sebesar 2,62% selama sepekan. Hal ini didorong sentimen akan berdamainya pimpinan Amerika Serikat dan China soal perdagangan bilateral.

Pada perdagangan Jumat (5/4/2019), di akhir perdagangan bursa Nikkei Jepang ditutup naik 0,38% ke level 21.807,50. Hal ini diikuti kenaikan 0,35% indeks TOPIX yang lebih luas cakupannya di level 1.625,75.

Tim analis Monex Investindo Futures (MIFX) dalam laporannya menuliskan, menguatnya bursa saham Jepang dipicu sentimen potensi perdamaian perang dagang antara AS dan China.

Mengutip kantor berita Xinhua, Presiden China Xi Jinping mengatakan dalam sebuah surat kepada Presiden Donald Trump bahwa kemajuan besar telah dibuat dalam pembicaraan perdagangan, dan menyerukan negosiasi untuk segera berakhir.

Xinhua juga melaporkan bahwa Wakil Perdana Menteri Liu He, yang bertemu dengan Trump pada Kamis di Washington, mengatakan konsensus baru telah dicapai pada teks perjanjian perdagangan.

Sementara itu, mayoritas bursa utama di Asia juga mengalami penguatan pada perdagangan akhir pekan. Indeks Kospi Korea Selatan berakhir menguat 0,14%, indeks Straits Times Singapura naik 0,23%, indeks SET 50 Thailand naik 0,4%, sedangkan indeks FTSE Malay KLCI melemah 0,2%.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) malah mengalami koreksi 0,32% atau 20,61 poin di level 6.474,02. Padahal, IHSG sempat dibuka di zona hijau dengan penguatan 0,1% atau 6,47 poin ke level 6.501,1.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china amerika serikat nikkei 225
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top