Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pilarmas Sekuritas : Sentimen Brexit Pengaruhi IHSG

Sentimen Brexit tampaknya akan menjadi faktor utama yang akan memengaruhi pergerakan IHSG hari ini, Kamis (28/3/2019).
Pengunjung menggunakan smartphone di dekat papan elektronik yang menampilkan perdagangan saham di BEI, Jakarta, Rabu (20/3/2019)./Bisnis-Dedi Gunawan
Pengunjung menggunakan smartphone di dekat papan elektronik yang menampilkan perdagangan saham di BEI, Jakarta, Rabu (20/3/2019)./Bisnis-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA--Sentimen Brexit tampaknya akan menjadi faktor utama yang akan memengaruhi pergerakan IHSG hari ini, Kamis (28/3/2019).

Maximilianus Nico Demus, Direktur Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas, mengatakan bahwa proses Brexit sendiri sepertinya akan mengalami perpanjangan yang lama setelah Theresa May gagal mendapatkan sekutu di parlemen untuk perjanjian Brexit tersebut.

Bahkan May menawarkan untuk berhenti mendapatkan persetujuannya. Namun DUP, partai minoritas dari Irlandia Utara kemarin menyampaikan bahwa pihaknya masih akan tetap menentang proses Brexit tersebut.

Parlemen masih terus berusaha menemukan konsensus dan gagal menghasilkan mayoritas.

Opsi yang terbaik adalah proposal untuk tetap di serikat Uni Eropa dan kembali menempatkan kesepakatan Brexit ke dalam pemungutan suara publik.

Proses ini sendiri masih berjalan setidaknya hingga titik puncak 29 Maret pekan ini. Meskipun ada tambahan waktu, tetapi keputusan sebelum 29 Maret juga penting karena akan menjadi tolok ukur proses Brexit.

Beralih dari sana, ekonomi China mulai menunjukkan tanda tanda pemulihan setelah sebelumnya melambat dalam beberapa bulan terakhir.

Meskipun ada tekanan, tetapi ada potensi bahwa pemulihan akan segera dimulai. Beberapa indikator seperti sentimen pasar, kondisi bisnis, indeks perdagangan, dan survei manager penjualan mulai menunjukkan kenaikkan yang lebih luas.

Indikator ekonomi China secara keseluruhan mulai menunjukkan penguatan. Apalagi hal ini didukung oleh dukungan pemerintah China dengan memberikan kredit terhadap usaha bisnis yang lebih kecil dan pengurangan pajak.

Namun, hal ini juga harus didukung oleh kesepakatan dagang antara Amerika dan China.

Mario Draghi kemarin mengatakan bahwa ECB siap untuk memperhalus dampak dari kebijakan suku bunga negatif jika terbukti membahayakan transmisi kebijakan moneternya.

Bank Sentral Eropa berharap situasi ekonomi akan membaik hingga akhir 2019, tetapi ECB telah menyiapkan tools yang diperlukan apabila ternyata perekonomian memburuk.

Francois Villeroy de Galhau, Gubernur Bank Prancis mengatakan bahwa kawasan eropa memang mengalami perlambatan, tetapi bukan resesi, dan menyalahkan perang dagang sebagai salah satu faktornya.

Dari dalam negeri, rilis data pertumbuhan pinjaman pada bulan Februari menjadi hal yang dinantikan oleh investor pada akhir pekan ini.

Selama tahun 2018 kenaikan dari pertumbuhan pinjaman yang masif seiring dengan kenaikan suku bunga acuan menjadikan point tersendiri bagi pelaku pasar.

Hal baik yang perlu di cermati adalah pertumbuhan pinjaman saat ini disertai oleh kualitas pinjaman yang baik, dalam artian kemampuan membayar dari kreditur cukup tinggi sehingga menjadikan institusi perbankan mampu menjaga kualitas kredit yang disalurkan.

"Secara teknikal, kami melihat saat ini IHSG bergerak melemah dalam jangka waktu pendek dan ditradingkan pada level 6.350 – 6.400," katanya dalam riset harian, Kamis (28/3/2019).

Pada perdagangan hari Rabu (27/3/2019) IHSG ditutup melemah 25.26 poin atau 0,39% ke level 6.444.

Sektor industri dasar, pertambangan, dan keuangan memberikan kontribusi penurunan terbesar pada perdagangan kemarin.

Investor asing mencatatkan penjualan bersih sebesar Rp424,7 miliar dengan saham – saham yang paling banyak jual di antaranya TLKM, JSMR, WIKA, BRPT, AKRA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper