Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kimia Farma (KAEF) Lanjutkan Sejumlah Rencana Ekspansi Anorganik Tahun Ini

PT Kimia Farma (Persero) Tbk. melanjutkan rencana ekspansi anorganik pengembangan farmasi, alat kesehatan, healthy food, dan rumah sakit pada 2019.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 23 Januari 2019  |  18:39 WIB
Konsumen melakukan transaksi di salah satu apotek Kimia Farma.  - Bisnis.com
Konsumen melakukan transaksi di salah satu apotek Kimia Farma. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA — PT Kimia Farma (Persero) Tbk. melanjutkan rencana ekspansi anorganik pengembangan farmasi, alat kesehatan, healthy food, dan rumah sakit pada 2019.

Direktur Keuangan Kimia Farma I.G.N. Suharta Wijaya mengatakan belanja modal yang disiapkan tahun ini sekitar Rp4 triliun. Dana itu rencanananya digunakan untuk memenuhi kebutuhan ekspansi organik dan anorganik.

Suharta mengungkapkan emiten berkode saham KAEF itu masih melanjutkan sejumlah rencana ekspansi anorganik. Beberapa pengembangan yang dibidik di antaranya farmasi, alat kesehatan, healthy food, dan rumah sakit.

“Mudah-mudahan semester I/2019 ada yang deal tetap belum bisa di disclouse,” ujarnya kepada Bisnis.com, Rabu (23/1/2019).

Dia menyebut salah satu skema yang ditempuh untuk ekspansi anorganik yakni akuisisi. Namun, saat ini pihaknya belum membeberkan lebih detail terkait dengan aksi korporasi tersebut.

Adapun, Suharta mengatakan perseroan akan menggunakan 50% dana dari pinjaman perbankan untuk memenuhi kebutuhan belanja modal 2019. Sisanya, KAEF akan mengandalkan sumber pembiayaan dari pasar modal.

Berdasarkan catatan Bisnis.com, KAEF telah melakukan akuisisi 60% saham Dawaa Medical Limited Company pada 2018. Dana yang digelontorkan saat itu senilai Rp130 miliar.

Dengan adanya akuisisi tersebut, Dawaa berubah nama menjadi PT Kimia Farma Dawaa. Anak usaha tersebut resmi beroperasi setelah kedua belah pihak meneken shareholder agreement di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin, 5 Maret 2018.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kinerja emiten kimia farma
Editor : Riendy Astria

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top