Perbesar Kepemilikan di MPMX, SRTG Tawarkan Tender Sukarela

PT Saratoga Investasi Sedaya Tbk. berusaha untuk memeprluas portofolio investasinya.
Tegar Arief
Tegar Arief - Bisnis.com 08 Desember 2018  |  06:39 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - PT Saratoga Investasi Sedaya Tbk. berusaha untuk memeprluas portofolio investasinya.

Emiten bersandi saham SRTG itu berniat untuk meningkatkan porsi kepemilikan saham di PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. (MPMX).

Berdasarkan prospektus yang dipublikasikan perseroan melalui Harian Bisnis Indonesia, Jumat (7/12/2018), upaya peningkatan porsi saham itu dilakukan melalui mekanisme penawaran tender sukarela.

Perseroan menawarkan sebanyak-banyaknya sebesar 446,29 juta saham yang mewakili 10% dari jumlah seluruh saham yang telah ditempatkan dan disetor penuh di dalam MPMX, dengan harga penawaran senilai Rp950 per saham.

Dengan demikian, dana yang disiapkan oleh perseroan untuk penawaran transaksi ini setidaknya mencapai Rp446,29 miliar.

Pada penutupan perdagangan kemarin, harga saham MPMX menguat sebesar 13,04% ke posisi Rp910. Adapun kepemilikan SRTG terhadap perseroan tercatat sebesar 48,61%. Jika tender sukarela tersebut disetujui, maka akan menguatkan posisi SRTG sebagai pengendali MPMX.

Bisnis telah menghubungi Corporate Communication SRTG Catharina Latjuba. Namun hingga berita ini ditulis Bisnismasih belum menerima jawaban atas pertanyaan yang disampaikan melalui surat elektronik.

Masa penawaran tender sukarela ini adalah minimal 30 hari yang dimulai 2 hari kerja setelah mendapatkan izin efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Adapun pembayaran keopada pemegang saham yang ikut serta dalam penawaran ini ajan dilakukan pada 25 Februari tahun depan.

"Kami memiliki dana yang cukup untuk melaksanakan kewajiban untuk melakukan pembayaran penuh kepada pemegang saham publik sehubungan dengan penawaran tender sukarela ini," tulis perseroan.

Tujuan dari tender ini adalah mengembangkan bisnis MPMX yang memiliki potensi cukup bagus di masa mendatang. Ini juga sejalan dengan rencana perseroan untuk meningkatkan investasi di sektor konsumsi.

Sedangkan bagi para pemegang saham, penawaran ini merupakan kesempatan untuk merealisasikan imbal hasil dari investasinya di MPMX dengan harga yang lebih tinggi dari harga pasar.

"Harga yang kami tawarkan telah memperhitungkan premium sebesar 18,01% di atas harga penutupan terakhir dan 7,53% di atas rata-rata harga perdagangan tertinggi dalam 90 hari sebelum pengumuman," jelas perseroan.

Dalam beberapa hari terakhir, SRTG memang gencar meningkatkan investasinya di Tanah Air. pada akhir bulan lalu, perseroan memperbesar kepemilikan saham di perusahaan pemasok gas industri yakni PT Aneka Gas Industri Tbk. (AGII). SRTRG itu membeli sebanyak 40 juta saham di AGII dengan harga pembelian per saham senilai Rp600.

Sebelum transaksi tersebut, jumlah saham yang dimiliki SRTG adalah 152,51 juta saham atau sebesar 4,97%. Dengan demikian, setelah trabsaksi yang dilakukan pada 21 November lalu jumlah saham yang dimiliki mencapai 192,51 juta saham atau 6,28%.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
saratoga investama sedaya

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top