Bentuk Perusahaan Patungan, SKBM Gandeng Fuji Foods

PT Sekar Bumi Tbk. bersama Fuji Foods Corporation Japan mendirikan perusahaan patungan PT Sekar Fuji Foods untuk memproduksi bumbu makanan.
Novita Sari Simamora | 22 September 2018 07:01 WIB
Presiden Komisaris PT Sekar Bumi Tbk Finna Huang (dari kiri) berbincang dengan Presiden Direktur Harry Lukmito, Direktur Howard Ken Lukmito, dan Komisaris Independen Ratieh D. Item, menjelang paparan publik perseroan, di Surabaya, Senin (28/5/2018). - JIBI/Wahyu Darmawan

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Sekar Bumi Tbk. bersama Fuji Foods Corporation Japan mendirikan perusahaan patungan PT Sekar Fuji Foods untuk memproduksi bumbu makanan.

Dalam keterbukaan informasi yang dikutip Jumat (21/8/2018), Sekar Bumi (SKBM) memiliki saham 15% di Sekar Fuji Foods (SKF) sedangkan Fuji Foods menguasai 85% lainnya.

Manajemen SKBM menyatakan produk SKF berupa bumbu masak akan membantu perseroan menopang kegiatan usaha utama yaitu manufaktur produk makanan olahan.

Dalam laporan keuangan Juni 2018, SKBM mencatat penjualan sebesar Rp947,32 miliar atau tumbuh 2,17% dari periode yang saham tahun sebelumnya yang sekitar Rp927,16 miliar. Komposisi penjualan perseroan didominasi ekspor yang mencapai Rp875,51 miliar, sedangkan penjualan domestik hanya Rp71,81 miliar.

Dari jenis produk, penjualan paling tinggi adalah makanan beku hasil laut nilai tambah senilai Rp872,02 miliar. Sisanya adalah makanan olahan beku dan produk lainnya masing-masing senilai Rp31,79 miliar dan Rp43,5 miliar.

Sementara itu, laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk senilai Rp15,83 miliar pada semester I/2018, dari posisi rugi senilai Rp45,6 juta pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Sebagai informasi, Fuji Foods Corporation Japan adalah perusahaan asal Jepang yang didirikan pada 1958. Perusahaan ini bergerak di bidang manufaktur dan penjualan bahan bumbu padat, cair, bubuk, dan produk makanan lainnya.

Tag : sekar bumi, Aksi Korporasi
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top