Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Reliance Sekuritas: IHSG Bakal Menguat Lagi, Cermati Saham Pilihan Hari Ini

Reliance Sekuritas Indonesia memperkirakan indeks harga saham gabungan (IHSG) akan kembali bergerak menguat dengan kisaran pergerakan 5823-5913 pada akhir pekan Ini, Jumat (14/9/2018).
Karyawan melintas di bawah layar monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (13/9/2018)./ANTARA-Sigid Kurniawan
Karyawan melintas di bawah layar monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (13/9/2018)./ANTARA-Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA -  Reliance Sekuritas Indonesia memperkirakan indeks harga saham gabungan (IHSG) akan kembali bergerak menguat dengan kisaran pergerakan 5823-5913 pada akhir pekan Ini, Jumat (14/9/2018).

Analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi menjelaskan ekuitas Asia ditutup optimis menguat signifikan diatas 1%. Indeks Hangseng (+2.54%), CSI (+1.08%), Nikkei (+0.96%) dan TOPIX (+1.11%) menguat hingga akhir sesi perdagangan seakan mengakhiri pelemahan terpanjang dalam 16 tahun terakhir.

Faktor prospek negosiasi perdagangan baru antara dua negara berekonomi terbesar di Dunia menjadi yang utama. Pemerintah AS mengusulkan putaran pembiacaraan baru mengenai perdagangan dengan Beijing melalu mentri keuangan AS Steven Mnuchin.

IHSG (+1.04%) ditutup menguat 60.12 poin cukup optimis kelevel 5858.27 mengiringi penguatan nilai tukar Rupiah terhadap USD. Mata uang mayoritas negera berkembangpun naik kecuali Lira turki yang terperosok sebelum kenaikan suku bunga. Sektor Infrastruktur (+2.05%) dan Keuangan Perbankan (+1.76%) memimpin penguatan dan mengalami rebound setelah sebelumnya terkoreksi cukup signifikan.

Harga acuan obligasi 10 tahun naik dan yield turun 6,4 basis point seiring outlook Bank Indonesia yang cukup optimis pada nilai tukar rupiah yang diproyeksi tahun 2019 berada dikisaran Rp14.300 sampai Rp14.700 per USD.

Meskipun demikian aktifitas pembelian investor asing relatif sepi dengan tercatat net sell 193.73 miliar rupiah dengan saham INDF, PGAS dan BBRI menjadi yang terbanyak di Jual Investor Asing.

Sedangkan bursa saham di Eropa dibuka mixed dengan Indeks Eurostoxx (+0.24%), FTSE (-0.42%) dan DAX (+0.40%). Produsem otomotif memimpin kenaikan ada hari kedua. Investor seakan masih terus menanti petunjuk dari Bank Sentral untuk bergerak ke arah kebijakan yang lebih ketat tanpa menghambat pertumbuhan.

Sentimen selanjutnya Investor akan terfokus pada data penjualan ritel, Produksi Industri, dan Investasi fixed assets di Tiongkok.

IHSG secara teknikal bergerak kembali menguat rebound tepat pada level Moving Average 5 hari dengan berpotensi besar kembali menguji level 5900 yang bertepatan dengan level Moving Average 20 dan 50 hari.

Indikator stochastic bergerak positif mendekati level jenuh beli dengan momentum bullish dari Indikator RSI yang mendukung pergerakan. Sehingga diperkirakan IHSG akan kembali bergerak menguat menguji level resistance dengan range pergerakan 5823-5913.

Saham-saham yang masih dapat dicermati diantaranya ASRI, BMTR, JPFA, PTBA, TRAM, BBTN.

(Disclaimer on)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fajar Sidik
Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper