Sektor Farmasi Bersinar, Indeks Shanghai Composite Ditutup Menguat

Pada penutupan, indeks Shanghai Composite menguat 0,3% ke level 3.290,64, sementara indeks blue-chip CSI300 naik 0,08% ke level 4.077,70.
Aprianto Cahyo Nugroho | 20 Maret 2018 15:31 WIB
Bursa China SHCI - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham China ditutup berbalik menguat pada perdagangan Selasa (20/3/2018), dipimpin oleh perusahaan-perusahaan perawatan kesehatan. serta terdorong sentimen positif dari Beijing yang menjanjikan pembukaan pasar lebih lanjut karena tensi perdagangan dengan AS meningkat.

Pada penutupan pasar hari ini, indeks Shanghai Composite menguat 0,3% ke level 3.290,64, sementara indeks blue-chip CSI300 naik 0,08% ke level 4.077,70.

Dilansir Reuters, Perdana Menteri China Li Keqiang mengatakan pada penutupan sidang parlemen tahunan, China akan membuka ekonominya lebih jauh ke pasar global, dengan perusahaan asing dan domestik diizinkan untuk bersaing dalam tingkatan yang sama,

Janji tersebut diungkapkan saat kemungkinan perang dagang global meningkat seiring dengan diberlakukannya bea impor besar-besaran pada baja dan aluminium pada awal bulan ini.

Indeks yang melacak emiten perawatan kesehatan utama memperpanjang kenaikan ke rekor tertinggi, setelah menguat lebih dari 10% tahun ini, karena para pelaku pasar dan analis memperkirakan industri perawatan kesehatan akan mendapat manfaat dari reformasi Beijing dan peningkatan konsumsi negara di sektor ini.

"Perombakan pemerintah akan membantu mempromosikan pengembangan jangka panjang industri kesehatan dan farmasi," tulis Soochow Securities dalam sebuah laporan, seperti dikutip Bloomberg.

Mereka juga mencatat bahwa investor dapat memperhatikan peluang investasi dalam obat-obatan inovatif dan obat generik kelas atas. Pandangan tersebut juga diikuti oleh banyak perusahaan pialang domestik lainnya yang juga mengungkapkan optimisme serupa untuk industri ini.

Persentase kenaikan saham terbesar pada indeks Shanghai Composite dialami oleh Guodian Nanjing Automation Co Ltd yang naik 10,1%, diikuti Chongqing Iron & Steel Co Ltd yang naik 10,04% dan Guizhou Yibai Pharmaceutical Co Ltd yang menguat 10,03%.

Di sisi lain, saham Cultural Investment Holdings Co Ltd melemah paling tajam mencapai 8,27%, disusul Tonghua Grape Wine Co Ltd yang turun 6,56% dan Xining Special Steel Co Ltd yang merosot 6,49%.

Tag : bursa china
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top