Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gajah Tunggal (GJTL)-Inoue Rubber Bentuk Joint Venture

Perusahaan produsen komponen otomotif PT Gajah Tunggal Tbk. membentuk perusahaan patungan atau joint venture dengan Inoue Rubber Co. Ltd., perusahaan yang juga bergerak di sektor komponen otomotif asal Jepang.
Produk ban Gajah Tunggal/Ilustrasi
Produk ban Gajah Tunggal/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan produsen komponen otomotif PT Gajah Tunggal Tbk. membentuk perusahaan patungan atau joint venture dengan Inoue Rubber Co. Ltd., perusahaan yang juga bergerak di sektor komponen otomotif asal Jepang.

Direktur PT Gajah Tunggal Tbk. Kisyuwono dalam keterbukaan informasi menyampaikan pembentukan anak usaha patungan tersebut diresmikan kedua perusahaan pada 31 Januari 2018.

“Pada 31 Januari 2018 emiten bersama Inoue Rubber Co. Ltd, perusahaan non-afiliasi, telah menandatangani akta pendirian PT IRC Gajah Tunggal Manufacturing Indonesia yang bergerak pada bidang industri manufaktur ban sepeda motor,” ungkap Kisyuwono di Jakarta, Jumat (2/2).

Atas pembentukan joint venture tersebut, masing-masing emiten dengan kode saham GJTL dn Inoue Rubber berkontribusi sebesar 50% dari total nilai investasi awal sebesar Rp270 miliar.

Menurut Kisyuwono, [pembentukan anak usaha patungan tersebut tidak mempunyai dampak material terhadap operasional, hukum, kondisi keuangan, dan kelangsungan usaha perseroan.

Adapun, selama periode Januari—September 2017, Gajah Tunggal membukukan penjualan bersih sebesar Rp10,81 triliun atau naik 639% dari capaian periode sama tahun sebelumnya (yoy) yang tercatat sebesar Rp10,16 triliun.

Kendati pendapatan tumbuh, beban keuangan GJTL pada periode tersebut justru membengkak ke level Rp852,93 miliar atau melonjak 52,03% (yoy) dari Rp561,0 miliar.

Pembengkakan beban keuangan dan beberapa beban lain menyebabkan perusahaan mengalami rugi sebesar Rp140,68 miliar selama Januari—September 2017 lalu, setelah mencatatkan untung Rp582,94.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dara Aziliya
Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper