Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Matahari Department Store (LPPF) Bakal Buka 8 Gerai Tahun Ini

Emiten peritel, PT Matahari Department Store berencana menambah sekitar 6 gerai-8 gerai pada tahun ini untuk meningkatkan jumlah pendapatan pada tahun ini.
Matahari Department Store
Matahari Department Store

 

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten peritel, PT Matahari Department Store berencana menambah sekitar 6 gerai-8 gerai pada tahun ini untuk meningkatkan jumlah pendapatan pada tahun ini.

Corporate Secretary & Legal Director LPPF Miranti Hadisusilo mengatakan dalam rencana bisnis perseroan, jumlah gerai yang akan dibuka tahun ini sebanyak 6 gerai-8 gerai. Adapun, pada 2017, perseroan telah membuka sebanyak 8 gerai baru. Dia mengatakan, pada pengujung kuartal I/2018, emiten bersandi saham LPPF berencana membuka gerai baru di Sumatra.

“Dalam waktu dekat, akan buka satu gerai baru di Sumatra. Rata-rata belanja modal per gerai sekitar Rp40 miliar-Rp50 miliar,” ungkapnya, Kamis (24/1/2018).

Dia mengatakan, pembukaan gerai baru tersebut akan menggunakan kas internal perseroan. Hingga September 2017, nilai kas dan setara kas LPPF mencapai Rp593,05 miliar.

Miranti menuturkan, pada Desember 2017, perseroan telah membuka satu gerai baru dengan konsep specialty di Pakuwon Mall Surabaya, Nevada Store, seluas 200 m2. Gerai tersebut secara khusus menghadirkan macam-macam produk Nevada, dengan merek eksklusif Matahari.

Melalui ekspansi gerai-gerai baru, maka LPPF memproyeksikan pertumbuhan penjualan bisa sekitar 6%-10%. Di tengah pemulihan harga komoditas, Miranti pun berharap kinerja emiten peritel akan lebih baik dibanding tahun lalu.

Perbaikan tersebut, sambungnya, tak serta merta disebabkan oleh momentum pemilihan kepada daerah (Pilkada) serentak pada tahun ini. Bagi LPPF, momentum politik pada tahun ini dan 2019, tak memberikan dampak langsung, akan tetapi kegiatan hari besar seperti, Lebaran, Natal, Imlek, dan libur anak sekolah berpotensi mengerek kinerja perseroan.

Strategi yang telah dilakukan LPPF untuk bertumbuh kerja sama dengan merek-merek baru dan memasarkan produk melalui online. Saat ini, LPPF telah memiliki MatahariStore.com yang mencatatkan pertumbuhan cukup signifikan, meskipun belum mencapai 1% dari total penjualan perseroan.

Jumlah gerai yang dimiliki LPPF mencapai 156 gerai dengan luas 1 juta meter persegi yang tersebar di 73 kota seluruh Indonesia. Pada tahun ini, Miranti mengatakan tidak akan menutup gerai-gerai, meskipun sempat melakukan penutupan pada 2017. Gerai-gerai LPPF telah mempekerjakan 40.000 karyawan dan menggandeng 850 pemasok lokal dan internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper