Ini Kupon Obligasi dan Sukuk Berkelanjutan I Tahap II AGII

PT Aneka Gas Industri Tbk. telah menetapkan besaran kupon dan cicilan imbalan ijarah bagi penerbitan Obligasi dan Sukuk Berkelanjutan I Tahap II Tahun 2017 senilai total Rp400 miliar.
Emanuel B. Caesario | 17 November 2017 13:14 WIB
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—PT Aneka Gas Industri Tbk. telah menetapkan besaran kupon dan cicilan imbalan ijarah bagi penerbitan Obligasi dan Sukuk Berkelanjutan I Tahap II Tahun 2017 senilai total Rp400 miliar.

Berdasarkan surat pendaftaran surat utang tersebut di laman Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), emiten dengan kode saham AGII ini pada 6 Juni 2017 lalu sudah menerbitkan Obligasi dan Sukuk Berkelanjutan I Tahap I Tahun 2017 senilai total Rp310 miliar. Masing-masing yakni obligasi senilai Rp64 miliar dan sukuk ijarah senilai Rp246 miliar.

Kini, perseroan siap menerbitkan Obligasi Berkelanjutan I Tahap II 2017 dengan nilai pokok Rp256 miliar dan Sukuk Ijarah Berkelanjutan I Tahap II 2017 dengan sisa imbalan ijarah sebesar Rp144 miliar.

Adapun, AGII menerbitkan Obligasi Berkelanjutan I AGII Tahap II Tahun 2017 ini dalam dua seri. Seri A tenor 3 tahun ditawarkan dengan jumlah pokok sebesar Rp195 miliar dengan kupon 9,5% per tahun. Kupon akan dibayarkan tiap tiga bulan sekali hingga jatuh tempo pada 5 Desember 2020.

Sedangkan seri B memiliki tenor 5 tahun dengan pokok Rp61 miliar dan kupon 9,9% per tahun. Kupon pun akan dibayarkan tiap tiga bulan hingga jatuh tempo pada 5 Desember 2022 mendatang.

Sementara itu, Sukuk Ijarah Berkelanjutan I AGII Tahap II Tahun 2017 juga dilepas dalam dua seri dengan tenor atau tanggal jatuh tempo yang sama seperti pada obligasinya. Seri A memiliki nilai pokok Rp107 miliar dengan cicilam imbalan ijarah per tahun senilai Rp10,165 miliar dan dicicilan per 3 bulan.

Seri B memiliki nilai pokok Rp37 miliar dengan besaran cicilan imbalan senilai Rp3,663 miliar per tahun dan dibayarkan per tiga bulan.

Masa penawaran umum obligasi dan sukuk ini akan berlangsung pada 28-29 November 2017 dan mulai didistribusikan secara elektronik sejak 5 Desember 2017. Surat utang ini akan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia pada 6 Desember 2017.

Adapun, penjamin pelaksana emisi obligasi dan sukuk ijarah ini yakni PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia, PT Indo Premier Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas, dan PT Sucor Sekuritas.

Dalam publikasi Indo Premier Sekuritas sebelumnya, tujuan penerbitan surat utang ini adalah untuk keperluan refinancing perseroan.

Obligasi dan sukuk ini dijaminkan dengan tanah bersertifikat hak guna bangunan (HGB) di Pasirsari Cikarang Selatan, Bekasi, Jawa Barat, setara 50% dari nilainya.

Nilai penjaminan tersebut setara dengan peringkat yang dikantongi perseroan, yakni A-(idn) dan A-(idn)(sy) dari Fitch Ratings Indonesia.

Indo Premier Sekuritas mencatat sejumlah alasan sebagai pertimbangan investasi obligasi AGII. AGII merupakan perusahaan gas industri pertama dan terbesar di Indonesia dan menjadi pemimpin pasar di sektor gas medical.

AGII memiliki basis pelanggan yang terdiversifikasi dengna baik dan jaringan distribusi yang tersebar di seluruh Indonesia dengan aktivitas operasional ayng terintegrasi. AGII juga didukung oleh tim manajemen yang berpengalaman dan jaringan internasional.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sukuk

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top