Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hingga September, Penjualan KOBX Tumbuh 41%

PT Kobexindo Tractors Tbk. membukukan pendapatan US$44,70 juta untuk periode sembilan bulan tahun ini, atau tumbuh 41% dibandingkan dengan pendapatan periode yang sama tahun lalu US$31,70 juta.
Petugas melakukan pemeriksaan alat berat di pergudangan Kobexindo, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (2/8)./JIBI-Dwi Prasetya
Petugas melakukan pemeriksaan alat berat di pergudangan Kobexindo, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (2/8)./JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.comJAKARTAPT Kobexindo Tractors Tbk. membukukan pendapatan US$44,70 juta untuk periode sembilan bulan tahun ini, atau tumbuh 41% dibandingkan dengan pendapatan periode yang sama tahun lalu US$31,70 juta.

Emiten dengan kode saham KOBX ini merupakan mitra dan distributor eksklusif alat berat merk Doosan (Korea Selatan), Tata-Daewoo (Korea Selatan), NHL (China), Jungheinrich (Jerman),  Hako (Jerman) dan Farm Tractor (Belarusia).

Humas Soputro, Presiden Direktur KOBX , mengatakan bahwa pencapaian kinerja pendapatan tersebut membuktikan kinerja perseroan sudah pada jalur yang tepat untuk mencapai target pertumbuhan 2017 yakni minimum 40%.

Kinerja segmen penjualan alat berat pun sesuai harapan dengan menjadi kontributor utama bagi pendapatan perseroan dengan pertumbuhan penjualan sebesar 56,8%.

Pertumbuhan pendapatan perseroan lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan beban pokok pendapatan yang sebesar 34,84%. Alhasil, laba kotor perseroan melonjak 73,95% yoy bila dibandingkan periode sembilan bulan tahun lalu.

Pertumbuhan penjualan dan strategi perseroan untuk terus meningkatkan efisiensi membuat laba usaha tumbuh signifikan dari minus US$821.505 pada sembilan bulan 2016 menjadi surplus US$3 juta pada periode yang sama tahun ini.

“Triwulan ini kami berhasil membukukan laba bersih sebesar US$1,14 juta, tumbuh signifikan jika dibandingkan periode yang sama tahun 2016 yakni minus US$3,29 juta. Pertumbuhan ini tidak lepas dari membaiknya permintaan alat berat untuk industri pertambangan,” kata Humas dalam siaran pers, Rabu (1/11/2017).

KOBX saat ini memiliki empat segmen usaha yakni penjualan alat berat, penjualan suku cadang, after salesjasa perbaikan, dan sewa.

Segmen penjualan alat berat menjadi kontributor utama pendapatan konsolidasi perseroan. Pada  sembilan bulan 2017, COBX berhasil membukukan penjualan alat berat sebesar US$36,53 juta atau 81,7% dari total pendapatan.

Kontributor terbesar kedua bersumber dari penjualan suku cadang (sparepart) yakni US$4,58 juta atau 10,2% dari total penjualan. Sedangkan segmen jasa perbaikan berkontribusi 4,7 % dan jasa sewa berkontribusi 3,4%.

“Kami menawarkan produk-produk berkualitas, dengan tingkat efisiensi yang tinggi serta didukung oleh layanan purna jual yang handal,” tutur Humas.

Humas menambahkan, untuk menjaga momentum pertumbuhan secara konsisten dan berkelanjutan, KOBX akan memperkenalkan beberapa produk baru setelah sebelumnya memperkenalkan dump truck merek NHL type TR50D pada mining expo 2017 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Riendy Astria

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper