Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Elnusa (ELSA) Pacu Kinerja di Akhir 2017, Ini Proyek-proyek Andalannya!

Elnusa (ELSA) optimistis kinerja perseroan akan membaik pada pengujung tahun ini karena berjalannya beberapa proyek utama penopang pendapatan di jasa hulu migas.
Elnusa/Ilustrasi
Elnusa/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - PT Elnusa Tbk (ELSA) optimistis kinerja perseroan akan membaik pada pengujung tahun ini karena berjalannya beberapa proyek utama penopang pendapatan di jasa hulu migas.

Proyek tersebut di antaranya survei seismik 30 di Papua Barat yang telah diselesaikan 25% tahapan pekerjaan, dan diproyeksikan sampai dengan akhir tahun ini mencapai lebih dari 60%. Begitu juga dengan proyek survei seismik lepas pantai dengan menggunakan kapal seismik ELSA Regent di Laut Andaman Provinsi Aceh, telah diselesaikan lebih dari 50% pekerjaan.

Di bidang jasa hulu migas, salah satu peralatan pengeboran mutakhir Elnusa yaitu Modular Rig berkapasitas 1600 HP yang sejak awal 2016 lalu terkena dampak lesunya aktivitas migas, mulai triwulan ketiga 2017 ini juga telah menggeliat kembali, di mana pekerjaan pemboran sumur eksplorasi di Kalimantan Timur berjalan lagi.

Direktur Keuangan Elnusa, Budi Rahardjo mempaparkan kinerja Elnusa pada semester kedua 2017 ini akan jauh berbeda jika dibandingkan dengan semester pertama lalu.

"Kami sangat optimistis, karena proyek-proyek besar sudah mulai berjalan dengan baik sesuai rencana dan jadwal yang telah disepakati dengan klien. Berjalannya proyek-proyek eksplorasi penemuan cadangan baru juga merupakan indikasi positif bahwa kegiatan migas mulai menggeliat. Harapan kami, ke depan akan semakin banyak peluang yang terbuka bagi kami untuk mendapatkan banyak pekerjaan yang bisa digarap,” ujar Budi dalam siaran pers yang diterima Bisnis.com, Rabu (4/10).

Selain bisnis jasa asset based di atas, perusahaan penyedia jasa energi tersebut pada tahun ini juga menggenjot pertumbuhan bisnis jasa non-asset based melalui jasa engineering, procurement, construction, operation & maintenance (EPC-OM). Pasar dan pertumbuhan bisnis itu bisa dikatakan cukup menggiurkan dengan marjin yang terbilang moderat.

Hal itu, terbukti sepanjang 2017 ini Elnusa telah mengantongi beberapa proyek operation & maintenance bernilai besar dan berjangka waktu panjang di antaranya di Papua untuk lima tahun dan di Sumatra Selatan untuk tiga tahun. Jasa EPC-OM ini akan terus dikembangkan Elnusa pada tahun-tahun mendatang sebagai strategi memperluas skala kompetensi jasa di bidang energi dari hulu hingga hilir.

Selain perbaikan kinerja operasional di bisnis jasa hulu energi, khususnya migas tersebut, Elnusa juga ditopang jasa hilir migas yang dikelola anak perusahaan, yaitu PT Elnusa Petrofin. Dalam dua tahun terakhir ini, kinerja jasa hilir migas yang bergerak di bidang jasa transportasi dan logistik BBM terbilang sangat memuaskan.

"Pada tahun Ini dan tahun depan nanti, kami tetap optimistis dengan pertumbuhan jasa hilir migas, mengingat pasar yang makin berkembang seiring dengan program pemerintah di bidang pemerataan distribusi energi dan kebutuhan masyarakat akan BBM yang semakin meningkat. Pada akhirnya tentu akan berdampak sangat positif terhadap kinerja Elnusa secara konsolidasi,” tegas Budi.

Elnusa adalah perusahaan jasa energi terpadu, dengan kompetensi inti di jasa hulu migas yaitu jasa seismik (conscience services land, transition a mar/ne zone serta data processing). jasa pengeboran dan pemeliharaan lapangan migas (drilling and oilfieid services).

Saat ini, ELSA melayani perusahaan migas nasional maupun internasional, antara lain Pertamina Group, Total E&P lndonesie, Chevron, dan Vico lndonesia, ELSA memiliki enam anak perusahaan yang bergerak dalam bisnis jasa penun|ang migas dan jasa distribusi logistik energi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fajar Sidik
Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper