Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RUPIAH ATAS DOLAR AS 11 JANUARI: Harga Minyak Jadi Penggerak Kurs

Samuel Sekuritas Indonesia memprediksi rupiah masih memiliki peluang menguat pada perdagangan hari ini, Rabu (11/1/2017) meski akan terbatas.
Rupiah
Rupiah

Bisnis.com, JAKARTA— Samuel Sekuritas Indonesia memprediksi rupiah masih memiliki peluang menguat pada perdagangan hari ini, Rabu (11/1/2017) meski akan terbatas.

Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Rangga Cipta memaparkan indeks dolar AS stabil dengan kecenderungan menguat setelah survei jumlah lowongan pekerjaan AS naik signifikan. Sementara, harga minyak mentah kembali turun masih merespon data pasokan minyak beberapa Negara OPEC yang naik tajam.

Namun demikian, pergerakan dolar AS secara umum masih tertekan di Asia hingga Selasa sore sejalan dengan penguatan harga obligasi di berbagai negara berkembang.

Adapun, rupiah kembali menguat pada perdagangan Selasa bersamaan dengan penguatan mayoritas kurs di Asia. Penurunan imbal hasil SUN juga berlanjut memanfaarkan kembalinya sentimen pelonggaran moneter oleh BI.

“Ruang penguatan rupiah masih tersedia walaupun dollar index yang menolak turun lebih dalam semalam, bisa membatasi apresiasi rupiah pada hari ini, apalagi melihat harga minyak yang mulai kehilangan momentum kenaikannya,” katanya dalam riset.

Sementara itu, peluncuran peraturan yang mendorong relaksasi ekspor mineral masih ditunggu dan bisa mendongkrak prospek ekspor serta pertumbuhan ke depan. Di luar itu, investor juga menunggu kepastian dari isu reshuffle Kabinet Jokowi yang belakangan muncul ke permukaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper