Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antam Raih IDX Best Blue 2016, Ini Pemicunya

PT Aneka Tambang Tbk meraih predikat khusus IDX Best Blue 2016 dari Bursa Efek Indonesia.
Bursa Efek Indonesia/JIBI-Endang Muchtar
Bursa Efek Indonesia/JIBI-Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. raih predikat khusus IDX Best Blue 2016 dari Bursa Efek Indonesia.

Predikat khusus ini diberikan untuk perusahaan tercatat yang mencatatkan kinerja pertumbuhan terbaik dalam satu tahun terakhir. Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Tito Sulistio mengatakan pencapaian ini dapat menjadi pemanis bagi aktivitas perdagangan saham para perusahaan tercatat di masa mendatang.

"Predikat ini diberikan untuk memacu perusahaan tercatat lain untuk menghasilkan kinerja yang baik dan terus bertumbuh sehingga memberikan mafnaat tinggi kepada investor dan pemegang saham lain," katanya, Senin (3/10/2016).

Dengan kinerja yang baik dan prospektif, diharapkan dapat tercermin pada peningkatan harga saham sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan minat masyarakat berinvestasi di pasar modal.

Saat ini terdapat 535 saham dari perusahaan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Kriteria pemilihan perusahaan tercatat terbaik IDX Best Blue 2016 yakni telah tercatat di BEI sebelum Agustus 2015 serta saham perusahaan tercatat tidak pernah mendapat sanksi penghentian sementara perdagangan yang disebabkan oleh kesalahan dari manajemen.

Kriteria lain yakni memiliki jumlah saham yang beredar di publik minimal 7,5% dan sudah menyampaikan laporan keuangan Juni 2016 dan laporan keuangan Desember 2015.

Perusahaan pun tidak boleh memiliki ekuitas negatif serta saham perusahaan tercatat telah ditransaksikan paling sedikit 80% dari jumlah hari perdagangan bursa September- 2015-Agustus 2016.

Dari 531 perusahaan tercatat per Agustus 2016, terdapat 419 perusahaan yang telah memenuhi kriteria awal tersebut. Selanjutnya diseleksi lagi berdasarkan beberapa kriteria, salah satunya kepemilikan dan transaksi saham perusahaan tercatat oleh investor dan anggota bursa. Variabel ini memiliki bobot tertingi dibandingkan dengan variabel lain yakni 40%. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper