Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KURS RUPIAH ATAS DOLAR AS 19 AGUSTUS: Berikut Prediksi Pergerakannya

NH Korindo Securities Indonesia memperkirakan laju rupiah dapat menguat pada perdagangan Jumat (19/8/2016) seiring membaiknya harga minyak dunia serta inflasi yang kian stabil.
Rupiah./.
Rupiah./.

Bisnis.com, JAKARTA— NH Korindo Securities Indonesia memperkirakan laju rupiah dapat menguat pada perdagangan Jumat (19/8/2016) seiring membaiknya harga minyak dunia serta inflasi yang kian stabil.

Kepala Riset PT NH Korindo Securties Indonesia Reza Priyambada mengatakan membaiknya laju komoditas serta dolar indeks yang melemah nampaknya masih belum dimanfaatkan pelaku pasar.  DIa menilai, rupiah sendiri masih bergerak melemah 0,14% terhadap dolar AS dikisaran Rp13.113 pada perdagangan kemarin.

“Laju rupiah diharapkan mampu berbalik arah seiring membaiknya pergerakan minyak dunia serta data inflasi yang kian stabil. Support Rp13.122 serta resisten Rp13.090,” kata Reza dalam risetnya, Jumat (19/8/2016).

Dia menilai, masih belum adanya kesepakatan terkait kenaikan tingkat suku bunga oleh para petinggi the Fed membuat laju dolar AS masih tertekan dan berdampak pada penguatan Yen di Asia. Di sisi lain, data-data yang mendukung seperti current account Europe yang surplus 37,6 miliar euro (vs 37,5 miliar) YoY, UK retail sales meningkat 1.4% (vs -0.9%), dan meningkatnya pekerja di Australia menjadi katalis positif tersendiri untuk EUR, GBP, serta AUD.

Rupiah sempat menguat seiring optimisme terhadap tingkat pertumbuhan ekonomi dalam RAPBN 2017 sebesar 5,3%, naik dari target APBN-P 2016 sebesar 5,1%. Namun, di akhir perdagangan berbalik melemah jelang rapat dewan gubernur Bank Indonesia untuk membahas penerapan 7-day reverse repo.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Riendy Astria

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper