Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AKSI KORPORASI: 2017, Pelindo I Terbitkan Obligasi Rp2 Triliun

Korporasi pelabuhan milik negara, PT Pelabuhan Indonesia I, berencana menerbitkan obligasi senilai Rp2 triliun pada kuartal II/2017.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Korporasi pelabuhan milik negara, PT Pelabuhan Indonesia I, berencana menerbitkan obligasi senilai Rp2 triliun pada kuartal II/2017.

Surat utang tersebut dikeluarkan setelah perseroan menerbitkan obligasi senilai Rp1 triliun. Obligasi senilai Rp1 triliun dalam empat seri tersebut dicatatkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu (22/6/2016).

Bambang Eka Cahyana, Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia I, mengatakan hasil penerbitan obligasi pada tahun depan akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan investasi pada 2017 sekitar Rp3 triliun.

"Dari internal kemungkinan dari penyisihan depresiasi, laba 2016 kemungkinan bisa dapat Rp1 triliun. Sisanya, sekitar Rp2 triliun dari obligasi," kata Bambang, Rabu (22/6/2016).

Menurutnya, pada penawaran obligasi senilai Rp1 triliun, terjadi kelebihan permintaan hingga 7,5 kali. Perseroan tetap menyerap Rp1 triliun, sesuai rencana awal.
"Ini kerja sama bagus antara Pelindo I dan Mandiri Sekuritas. Walaupun diterbitkan di dalam negeri, ada investor dari Singapura yang membeli," ucap Bambang.

Sekitar 54% dari hasil obligasi Rp1 triliun akan digunakan untuk mengembangkan infrastruktur fasilitas pelabuhan di beberapa cabang perseroan dan sekitar 42% untuk membeli peralatan di beberapa cabang.

Sekitar 0,3% untuk bina usaha perseroan di rumah sakit pelabuhan berupa pengadaan klinik dan penataan rumah sakit dan 3,7% untuk mengembangkan infrastruktur teknologi informasi di kantor pusat.

Obligasi yang ditawarkan tersebut memperoleh hasil pemeringkatan AA (idn) / idAA (Double A) dari PT Fitch Ratings Indonesia dan PT Pemeringkat Efek Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper