Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BURSA EROPA: Minim Katalis, Stoxx Europe 600 Menguat Tipis 0,1%

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,1% setelah sebelumnya sempat melemah 0,3%.
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa menguat tipis, didorong oleh sektor otomotif dan tambang yang mengimbangi penurunan di sektor perbankan.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,1% setelah sebelumnya sempat melemah 0,3%. Indeks tekah menguat 3,5% dalam dua hari terakhir, didukung oleh optimisme bahwa perekonomian AS tidak akan terpengaruh oleh kemungkinan kenaikan suku bunga acuan pada Juni mendatang.

"Ujian sebenarnya adalah apakah indeks dapat mempertahankan kenaikan dalam dua hari terakhir. Investor masih kurang yang dengan arah pergerakan bursa Eropa. Saya tidak melihat adanya katalis saat ini," kata Michael Hewson, analis pasar di CMC Markets seperti yang dikutip dari Bloomberg.

Saham Eropa ditutup hanya 0,5% lebih rendah dari level tertinggi dalam tiga bulan terakhir yang dicapai pada 20 April. Pekan lalu, reli yang mendorong indeks Stoxx menguat 16% dari level terendah pada Februari telah terhenti di tengah kekhawatiran tentang perlambatan pertumbuhan global, pengetatan kebijakan Federal Reserve, dan laporan keuangan emiten.

Saham otomotif membukukan kenaikan terbesar di antara sektor industry lainnya, dengan saham PSA Peugeot Citroen dan Renault SA naik lebih dari 2,5%.

Sementara itu, Banco Popular Espanol SA anjlok 26%, sedangkan ArcelorMittal melonjak 6,9% menyusul spekulasi bahwa Komisi Eropa dapat melanjutkan penyelidikan dumping baja impor dengan melibatkan lebih banyak negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper