Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sekar Bumi Patok Penjualan Tumbuh 40%

PT Sekar Bumi, Tbk., produsen makanan olahan berbasis udang, menargetkan penjualan bakal tumbuh sampai dengan 40% sepanjang tahun ini.

Bisnis.com, SURABAYA—PT Sekar Bumi, Tbk., produsen makanan olahan berbasis udang, menargetkan penjualan bakal tumbuh sampai dengan 40% sepanjang tahun ini.

Presiden Direktur Sekar Bumi Harry Lukminto menyebutkan pertumbuhan itu bertolak dari realisasi penjualan bersih pada tahun lalu Rp1,36 triliun. Sejalan dengan target pertumbuhan penjualan, perseroan juga akan meningkatkan pasar dalam dan luar negeri.

"Sementara ini porsi ekspor tetap dominan. Tapi lokal porsinya akan kami tingkatkan menjadi 20%," tuturnya.

Market di dalam negeri akan digarap lebih banyak sejalan dengan pengoperasian pabrik baru oleh anak usaha, PT Bumi Pangan Utama, di Millenium Industrial Estate, Tangerang, Banten sekitar dua bulan lagi. Saat ini pabrik baru ini sedang tahap pengurusan berbagai sertifikasi.

Pabrik Bumi Pangan Utama (BPU) dibangun dengan investasi Rp200 miliar. Rencananya, pabrik pengolahan makanan seluas 3,4 hektare ini akan beroperasi dengan kapasitas produksi 300 ton per bulan selama uji coba dan akan ditambah menjadi 1.000 ton per bulan.

"Pabrik di Cikupa sudah selesai tapi masih harus urus yang sifatnya sertifikasi, ini sedang kami penuhi. Satu hingga dua bulan mendatang selesai," ujar Harry.

Pabrik di Cikupa, Tangerang, Banten tersebut akan merambah lebih insentif pasar di area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Penjualan di daerah ini diharapkan bisa mengungkit penjualan domestik agar porsinya mencapai 20% dari kisaran 7% - 8% sekarang.

Sementara itu untuk ekspor porsinya sekarang 93%, akan beranjak ke level 80% seiring perluasan market domestik. Sekar Bumi pun tetap akan merambah negara tujuan ekspor baru seperti ke Timur Tengah dan Eropa Timur. Pasar langganan perseroan sekarang Amerika, Jepang, dan Eropa.

Selain di Cikupa, Sekar Bumi juga membangun pabrik baru di Sidoarjo, Jawa Timur yang dikerjakan anak usahanya, PT Bumi Pangan Sejahtera (BPS). Kapasitas produksinya sekitar 400 ton per bulan pada tahap awal. Saat ini sedang melakukan sertifikasi yang diperkirakan selesai seminggu lagi.

"Penjualan akan terdongrak nanti seiring beroperasinya pabrik baru. Sekarang pabrik lama kami kapasitasnya sudah maksimum," ucap Direktur Sekar Bumi Freddy Adam.

Pada sisi lain, Sekar Bumi juga merelokasi pabrik pakan udang dan pakan ikan milik entitas anak usaha, yakni PT Karka Nutri Industri ke Lamongan, Jawa Timur. Pabrik relokasi dengan investasi Rp100 miliar ini luasnya 4,3 ha berkapasitas 14.000 ton per tahun pada tahap awal. Sekarang sedang fase identifikasi lahan.

Sepanjang tahun ini, Sekar Bumi menargetkan penjualannya menyentuh level Rp1,9 triliun. Adapun realisasi pada triwulan pertama baru 30% dari target.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper