Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo 4 Finalisasi Obligasi Rp3 Triliun

PT Pelabuhan Indonesia 4 (Persero) finalisasi rencana penerbitan obligasi yang dijadwalkan terealisasi pada semester pertama tahun ini.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Pelabuhan Indonesia 4 (Persero) finalisasi rencana penerbitan obligasi yang dijadwalkan terealisasi pada semester pertama tahun ini.

Direktur Keuangan Pelindo 4 Budi Revianto mengatakan kajian penerbitan surat utang tersebut telah dilakukan perseroan sejak dua tahun lalu yang bertujuan untuk memperkuat pengembangan pelabuhan kelolaan di wilayah timur.

Menurutnya, nilai emisi obligasi telah disesuaikan dengan estimasi kebutuhan pendanaan proyek pengembangan pelabuhan kelolaan serta kucuran Penyertaan Modal Negara (PMN) yang diterima perseroan.

"Untuk tahap awal sebesar Rp3 triliun, yang mana saat ini kita sedang bikin prospektus obligasi," kata Budi kepada Bisnis Kamis (10/3/2016).

Sejauh ini, Pelindo 4 telah mengantongi peringkat idAA dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) dengan prospek stabil.

Adapun rencana penggunaan dana dari emisi obligasi itu juga bakal digunakan untuk revitalisasi pelabuhan yang bakal menjadi hub diantaranya pelabuhan di Sorong (Papua Barat), Makassar (Sulawesi Selatan) dan Bitung (Sulawesi Utara).

Adapun penerbitan obligasi tersebut merupakan salah satu alternatif sumber pendanaan perseroan untuk mendukung akselerasi pengembangan pelabuhan kelolaan Pelindo 4.

Kepala Biro Perencanaan dan Strategi Perusahaan Pelindo 4 Kusmahadi Setya Jaya mengatakan pendanaan pengembangan yang digunakan perseroan bersumber dari dana internal perusahaan, dana eksternal atau pinjaman dari bank, obligasi dan pilihan ke empat yaitu melalui pinjaman luar negeri (global bond).

“Obligasi rencananya tahun ini dan tahun depan juga berencana akan melantai di bursa dengan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper