Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekspor Solar China Merosot. Ini penyebabnya

Ekspor solar China menurun sejak tiga bulan terakhir sedangkan sisi impor melonjak. Hal ini terjadi karena keputusan pemerintah menghentikan pemotongan harga bahan bakar minyak atau BBM, sehingga memacu penjualan di dalam negeri.
Ilustrasi/mining.com
Ilustrasi/mining.com

Bisnis.com, SHANGHAI - Ekspor solar China menurun sejak tiga bulan terakhir sedangkan sisi impor melonjak. Hal ini terjadi karena keputusan pemerintah menghentikan pemotongan harga bahan bakar minyak atau BBM, sehingga memacu penjualan di dalam negeri.

Data Administrasi Umum Bea Cukai setempat mengatakan, konsumen terbesar di dunia tersebut mengirimkan 730.000 ton solar pada Januari 2016.

Pencapaian ini menjadi posisi terendah dalam lima bulan terakhir. Sedangkan impor naik lebih dari tiga kali lipat pada Desember menjadi 150.000 ton, tertinggi dalam 10 bulan.

Pada Januari tahun lalu, ekspor juga turun 26% atau sekitar 980.000 ton dari bulan sebelumnya.

China telah membanjiri pasar regional dengan solar karena stok bahan bakar tersebut yang membengkak di tengah melambatnya kegiatan industri dan pergeseran pertumbuhan permintaan terhadap bensin.

Menurut konsultan komoditas berbasis di Shanghai Lin jiaxin dari ICIS China, langkah pemerintah tidak memotong harga ritel ketika harga minyak turun membuat penjualan domestik lebih menguntungkan dibandingkan ekspor.

"Penyuling pasti lebih memilih untuk menjual di pasar lokal karena margin yang lebih baik," tuturnya seperti dikutip dari Bloomberg, Minggu (21/2/2016).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Saeno
Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper