Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SENTIMEN PASAR 17 Februari: Dari Pengaturan Bunga Deposito BUMN Hingga Pembekuan Produksi Minyak

Indeks Standard & Poors naik 1,65%, Dow Jones ditutup menguat 1,3%, sedangkan Stoxx terkoreksi 0,43%.
Karyawan melintas di depan monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan di Jakarta, Selasa (12/1/2016). /Bisnis.com
Karyawan melintas di depan monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan di Jakarta, Selasa (12/1/2016). /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah akan mengatur besaran bunga simpanan besar BUMN dan kementerian di bank. Kesepakatan pembekuan produksi Arab Saudi dan Rusia justru menekan harga minyak dunia.

Bursa Global. Bursa saham Amerika Serikat menguat pasca libur panjang, reli di Eropa hanya bertahan dua hari. Indeks Standard & Poor’s naik 1,65%, Dow Jones ditutup menguat 1,3%, sedangkan Stoxx terkoreksi 0,43%.

Harga Minyak. Harga minyak terkoreksi setelah Arab Saudi dan Rusia mengumumkan pembekuan level produksi. Minyak WTI turun 1,09% di New York pada pukul 04.59 WIB, sedangkan Brent diperdagangkan melemah 3,14% ke US$32,34 per barel.

Pembekuan Produksi Minyak. Arab Saudi, Rusia, Qatar dan Venezuela setuju untuk mempertahankan produksi minyak di level produksi Januari. Arab Saudi memompa 10,2 juta barel minyak per hari pada Januari, Rusia memproduksi 10,9 juta barel per hari pada periode yang sama.

Konsumsi China. UnionPay Co, operator kartu elektronik perbankan China, menyatakan konsumen membelanjakan skeitar US$48 miliar dalam pekan libur panjang tahun baru imlek. Nilai tersebut lebih tinggi 31% dari periode yang sama tahun lalu.

Lonjakan Kredit China. Nilai pinjaman dalam denominasi yuan melonjak dari 597,8 miliar yuan pada Desember menjadi 2,51 triliun yuan (US$385,4 miliar) pada Januari, lebih tinggi dari estimasi sekitar 1,9 triliun yuan.

Bunga Simpanan BUMN. Menko Perkeonomian Darmin Nasution mengatakan besaran bunga deposito dana besar milik BUMN dan kementerian/lembaga akan diatur sebagai langkah pemerintah menekan bunga kredit perbankan.

APBN-P 2016. Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan Askolani mengatakan penurunan tajam harga minyak dunia bukan isu utama dalam rancangan APBN-P 2016.

Tol Dalam Kota. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama membatakan pembangunan enam ruas tol dalam kota yang dikembangkan oleh PT Jakarta Toll Road Development. Ahok akan menggandeng swasta untuk membangun jalan layang non tol sebagai proyek pengganti.

Holding Bank BUMN. Kementerian BUMN menyiapkan PT Danareksa sebagai investment holding 4 bank BUMN yaitu PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI), dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN).

Bank BUMN-BPD. Kementerian BUMN mendorong bank BUMN menjadi pemegang 20–25% saham Bank Pembangunan Daerah pada 2017.

MEDC. PT Bangun Cipta Kontraktor, kontraktor proyek Sistem Penyediaan Air Minum Umbulan yang digarap konsorsium PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) menyatakan telah mendapakan komitmen sejumlah bank lokal untuk pembiayaan 70% dari proyek senilai Rp2,1 triliun tersebut.

Emisi Obligasi. PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) mengklaim diberikan mandat menerbitkan obligasi korporasi bernilai total Rp17,31 triliun dari 16 emiten yang akan dieksekusi pada semester I/2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper