Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LAJU EURO: Terendah 11 Tahun Terakhir, Usai Pemilu Yunani Digelar

Euro membuka pekan terakhir bulan ini dengan jatuh ke level terendah sebelas tahun terakhir terhadap dolar AS. Pemilihan umum Yunani yang dilakukan kemarin menjadi sentimen utama penekan mata uang zona Eropa tersebut
 Euro terendah dalam 11 tahun
Euro terendah dalam 11 tahun

Bisnis.com, JAKARTA– Euro membuka pekan terakhir bulan ini dengan jatuh ke level terendah sebelas tahun terakhir terhadap dolar AS. Pemilihan umum Yunani yang dilakukan kemarin menjadi sentimen utama penekan mata uang zona Eropa tersebut.

Pada perdagangan pukul 10:00, euro melemah 0,36% terhadap dolar AS menjadi US$1,11 per euro.

Pemimpin Partai Syriza Alexis Tsipras menjadi Perdana Menteri Yunani dan menolak kondisi bail out yang disematkan kepada Yunani oleh Uni Eropa dan International Fund Monetary (IMF).

Aksi rencana negosiasi ulang antara pemerintah Yunani yang baru dengan pemerintah zona euro diperkirakan semakin memperbesar peluang Negeri Para Dewa itu ke luar dari zona serikat mata uang Benua Biru.

Namun, pasar berharap Tsipras bisa melakukan kompromi tanpa harus terjadinya Greece Exit (Grexit), sebutan untuk keluarnya Yunani dari zona euro.

Sebastien Galy, analis Societe Generale, mengatakan pasar saat ini yakin restrukturasi utang Yunani hanya dilakukan pada sektor resmi untuk saat ini.

“Yunani pun masih berpeluang ke luar dari Zona Euro meskipun dengan pemerintahan yang kecil sekalipun,” ujarnya seperti dilansir Reuters pada Senin (26/1).

Sebelumnya, euro tertekan lebih dulu pada akhir  pekan lalu setelah Europe Central Bank (ECB) mengumumkan akan memperluas stimulus moneternya senilai 1,2 triliun euro sampai 2016.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Surya Rianto
Sumber : reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper