Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Tembaga Menguat, Khawatir Suplai dari Cile Terganggu

Harga tembaga menguat untuk kedua kali dalam tiga hari akibat spekulasi bahwa China akan membuat sejumlah kebijakan untuk mendorong pertumbuhan dan munculnya kekhawatiran suplai tembaga dari pusat tambang di Cile akan terganggu.
 Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—Harga tembaga menguat untuk kedua kali dalam tiga hari akibat spekulasi bahwa China akan membuat sejumlah kebijakan untuk mendorong pertumbuhan dan munculnya kekhawatiran suplai tembaga dari pusat tambang di Cile akan terganggu.

Kontrak untuk pengiriman dalam tiga bulan di bursa logam London menguat 0,3% menjadi US$6.494,25 per metrik ton dan tercatat US$6.485 pukul 11.29 waktu Tokyo atau pukul 09.29 WIB. Harga logam itu menyentuh US$6.321 pada 19 Maret atau yang terendah sejak Juli 2010.

“Ekspektasi untuk stimulus yang lebih besar oleh pemerintah China memberi dorongan kuat pada penguatan harga tembaga. Penguatan harga juga didorong oleh penghentian operasi tambang Anglo American di Cile,” ujar Chae Un Soo, seorang trader pada Korea Exchange Bank Futures Co. sebagaimana dikutip Bloomberg, Selasa (25/3/2014).

Anglo American menghentikan pemrosesan tembaga di Los Bronces dan akan mengevakuasi para stafnya setelah sejumlah tenaga kontrak mengganggu perusahaan tersebut, ujar juru bicara perusahaan Marcelo Esquivel kemarin.

Di bursa Comex, kontrak tembaga untuk pengiriman Mei naik 0,2% menjadi US$2,95 per pound. Sedangkan di bursa Shanghai, kontrak untuk pengiriman Juni turun 0,2% menjadi 45.330 yuan (US$7.33) per ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nurbaiti
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper