Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pefindo Naikkan Rating 4 Perusahaan Keuangan, Siapa Saja?

Sektor finansial dan bank terbilang moncer. Terbukti, PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menaikkan peringkat tiga bank dan satu perusahaan pembiayaan.
Logo Pefindo
Logo Pefindo

Bisnis.com, JAKARTA--Sektor finansial dan bank terbilang moncer. Terbukti, PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menaikkan peringkat tiga bank dan satu perusahaan pembiayaan.

Adapun, keempat perusahaan tersebut adalah PT Bank DKI, PT BCA Finance, PT Bank Himpunan Saudara 1906 Tbk. (SDRA), dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI).

Hendro Utomo, analis Pefindo, mengatakan walaupun industri finansial dan perbankan terpapar dampak kenaikan suku bunga Bank Indonesia, keempat perusahaan tersebut dinilai mampu tumbuh lebih baik di tengah era penuh tantangan tersebut.

“Keempat perusahaan tersebut memiliki kinerja yang baik, sehingga ratingnya kami tingkatkan,” katanya, Kamis (13/3/2014).

Sebagai gambaran, Pefindo menaikkan peringkat peringkat Bank Himpunan Saudara dari idBBB+ menjadi idA-.

Pefindo juga meningkatkan rating Obligasi SDRA I tahun 2011 dan Obligasi SDRA II tahun 2012 menjadi idA- dari sebelumnya idBBB+ dan Obligasi Subordinasi I tahun 2012 juga menjadi idBBB+ dari sebelumnya idBBB-.

Hendro mengatakan kenaikan rating tersebut salah satunya dipicu aksi akuisisi Woori Bank terhadap perseroan yang dinilai dapat memberikan sentimen positif terhadap peningkatan kinerja bank tersebut.

"Kalau nanti kedua bank itu merger, maka untuk portofolio kredit perseroan dari semula hanya kredit konsumer dapat ditambah kredit korporasi,” kata Putri Amanda, analis Pefindo, Kamis (13/3).

Dia mengatakan penyaluran kredit Bank Himpunan Saudara dapat lebih terdiversifikasi, terutama dengan perusahaan asal Korea Selatan. Selain itu, dia memperkirakan aset perusahaan tersebut pascamerger akan naik menjadi sekitar Rp9 triliun – Rp10 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Maftuh Ihsan
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper