Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pefindo Turunkan Peringkat Utang Indomobil, Ini Alasannya

PT Pemeringkat Efek Indonesia menurunkan peringkat obligasi seri I/2012 PT Indomobil Wahana Trada menjadi idBBB+ dari sebelumnya idA.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA — PT Pemeringkat Efek Indonesia menurunkan peringkat perusahaan dan obligasi seri I/2012 PT Indomobil Wahana Trada menjadi “idBBB+” dari sebelumnya “idA”.

Analis Pefindo Rian Abdi Gunawan dan Yogie Perdana mengatakan peringkat tersebut berlaku sejak 6 Februari 2014 hingga 1 Februari 2015.

“Penurunan itu didorong oleh peringkat tingkat utang perseroan dan tidak tercapainya penjualan yang diharapkan. Hal ini mengakibatkan pelemahan signifikan pada proteksi arus kas perseroan,” ungkapnya dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia yang dipublikasikan, Kamis (13/2/2014).

Lebih lanjut Rian dan Yogie juga menjelaskan peringkat yang lebih rendah itu mencerminkan penurunan kinerja bisnis perseroan yang lebih rendah dari pertumbuhan industri.

Outlook terhadap peringkat perseroan adalah stabil karena posisi pasar yang cukup kuat dan lokasi outlet terdiversifikasi,” tambahnya.

Namun, dua analis Pefindo itu menyebutkan peringkat perusahaan dibatasi oleh struktur permodalan yang agresif dan proteksi arus kas yang lemah.

Indomobil Wahana Trada, melalui anak usahanya, PT Wahana Wirawan dan PT Indomobil Wahana Trada Nasional memegang hak dealership eksklusif dari PT Nissan Motor Distributor Indonesia untuk menjual mobil bermerek Nissan di Indonesia, penjualan suku cadang, dan pelayanan bengkel.

Per 31 Desember 2013 sebanyak 63,3% saham perseroan dimiliki oleh PT Indomobil Sukses Internasional Tbk. (IMAS) dan sisanya 36,7% dikuasai PT IMG Sejahtera Langgeng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper