Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Tembaga Sentuh Level Tertinggi Akibat Menipisnya Cadangan

Kontrak tembaga di bursa Comex naik ke level tertinggi dalam lima pekan, menyusulnya naiknya permintaan China di tengah penurunan jumlah cadangan komoditas itu.

Bisnis.com, JAKARTA—Kontrak tembaga naik ke level tertinggi dalam lima pekan setelah jumlah cadangan komoditas itu mengalami penurunan terlama sejak 2009 dan munculnya isyarat peningkatan permintaan di China sebagai konsumen terbesar dunia.

Jumlah stok yang tercatat di bursa logam London (LME) terus mengalami penurunan hingga 40 sesi perdagangan sampai ke level terendah sejak Maret, padahal, konsumsi tembaga olahan China akan naik 6,5% pada 2014.

"Permintaan akan melebihi pasokan sebesar 1,9 juta metrik ton," ujar Yang Changhua, seorang analis pada Beijing Antaike Information Development Co.," seperti dikutip Bloomberg, Kamis (31/10/2013).

Para analis dari Commerzbank AG mengungkapkan stok tembaga di bursa logam terus merosot. "Tembaga jelas mengalami penguatan harga akibat peningkatan permintaan,” ujarnya.

Di bursa Comex New York, kontrak tembaga untuk pengiriman Desember naik 1,4% menjadi US$3,3255 per pound  pada pukul 13.19 waktu setempat atau pukul 02.19 WIB. Kenaikan itu merupakan yang terbesar untuk kontrak paling aktif itu sejak 19 September.

Sementara itu, perdagangan berada 35% di bawah rata-rata 100 hari untuk pertama kalinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nurbaiti
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper