Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ANALISIS IHSG: Perlemahan Yen untungkan RI

JAKARTA: Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali terkoreksi setelah pada pekan lalu menorehkan rekor tertingginya kembali.Penguatan yang cukup signifikan 3,71% selama perdagangan pekan kemarin membuat indeks rawan koreksi. Benar saja, pada perdagangan

JAKARTA: Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali terkoreksi setelah pada pekan lalu menorehkan rekor tertingginya kembali.

Penguatan yang cukup signifikan 3,71% selama perdagangan pekan kemarin membuat indeks rawan koreksi. Benar saja, pada perdagangan kemarin, indeks tercatat melemah 0,57% ke level 4.439,97.

Sentimen positif telah banyak menaungi bursa global pada pekan lalu. PDB China yang menguat 7,9% dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Serta kenaikan penjualan sektor ritel AS bulan Desember yang juga naik 15,2% membuat indeks mendapatkan banyak amunisi pada pekan lalu.

Selain itu kebijakan stimulus moneter yang dilakukan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe sebesar 10,3 triliun yen diharapkan dapat mengeluarkan negara tersebut dari deflasi dengan cara melakukan pembelian obligasi tak terbatas sampai tingkat inflasi negara itu mencapai 2%.

Di sisi lain, pelemahan nilai Yen akan menguntungkan perekonomian kawasan Asia lainnya yang menjadi tumpuan investasi, seperti Indonesia, Thailand dan Malaysia. (Bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Sumber : Indra, Analis Bisnis Indonesia Intelligence Unit

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper