Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SARATOGA: Jelang IPO, siapkan investasi US$480 juta ke perusahaan barang konsumsi

JAKARTA--Saratoga Investama Sedaya, perusahaan investasi yang didirikan oleh Taipan Edwin Soeryadjaya berencana menginvestasikan modalnya sebesar US$480 juta atau setara Rp4,66 triliun, sebagian besar kepada perusahaan-perusahaan barang konsumsi, jelang

JAKARTA--Saratoga Investama Sedaya, perusahaan investasi yang didirikan oleh Taipan Edwin Soeryadjaya berencana menginvestasikan modalnya sebesar US$480 juta atau setara Rp4,66 triliun, sebagian besar kepada perusahaan-perusahaan barang konsumsi, jelang penawaran saham perdana (IPO) pada tahun ini.

Soeryadjaya mengatakan Saratoga yang kini menguasai saham PT Adaro Energy Tbk, produsen batu bara terbesar kedua di Indonesia, berharap dapat membeli setidaknya satu perusahaan konsumer pada bulan depan, tanpa menyebutkan nama targetnya.

Menurutnya, Saratoga akan bekerja sama dengan investor lain karena nilai kesepakatan pembelian dapat melebihi US$90 juta untuk satu proyek.

"Saya ingin menemukan beberapa perusahaan produk konsumen lagi. Mudah-mudahan bulan depan kami sudah memiliki satu atau dua nama yang bisa diumumkan," ujarnya saat ditemui Bloomberg di kantornya, Senin (14/1).

Keputusan bisnis ini diambil, terangnya, didasarkan pada peningkatan konsumsi dalam negeri di tengah perlambatan ekonomi global yang melemahkan harga komoditas seperti batu bara dan minyak sawit.

Saratoga yang didirikan Soeryadjaya bersama Sandiaga Uno pada 1998 itu kini mengelola dana sekitar US$600 juta yang mana sekitar US$120 juta telah diinvestasikan. Investasi secara individu, tambahnya, tidak boleh melebihi 15% dari total aset.

Saratoga sebelumnya dikabarkan sedang memersiapkan IPO pada tahun ini. Aksi korporasi ini diperkirakan dapat menyerap dana sebesar US$200 juta. (Bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper