Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

REKSA DANA TERBAIK: Manajer investasi asing masih dominan

Andhina Wulandari
Andhina Wulandari - Bisnis.com 20 Desember 2012  |  14:38 WIB
JAKARTA -Sebagian besar reksa dana pemberi imbal hasil terbaik di sepanjang tahun ini masih didominasi oleh perusahaan manajer investasi yang memiliki Asset Under Management tidak terlalu besar masih di bawah Rp5 triliun
 
Beberapa diantaranya ialah PT Samuel Aset Manajemen dengan perolehan dana kelolaan Rp760 miliar, PT MNC Asset Management yang mengincar dana kelolaan Rp4 triliun di akhir tahun ini, dan PT Syailendra Capital Asset Management.
 
Selain itu, terdapat pula nama PT Trimegah Asset Management yang mengincar dana  kelolaan Rp4,6 triliun hingga akhir tahun serta PT OSK Nusadana Asset Management dengan proyeksi dapat mengelola AUM sebesar Rp1,7 triliun hingga akhir tahun ini.
 
Berdasarkan data dari PT Infovesta Utama, manajer investasi yang seluruh produk reksa dananya masuk di dalam sepuluh besar pemberi imbal hasil tertinggi, baik dari reksa dana saham, reksa dana campuran, dan reksa dana pendapatan tetap ialah PT Samuel Aset Manajemen.
 
Keempatnya ialah reksa dana saham Sam Indonesia Equity Fund; dua reksa dana campuran Sam Syariah Berimbang yang mencetak return 27,26% dan Sam Dana berkembang dengan return 23,33%; dan Sam Sukuk Syariah Sejahtera juga berhasil menunjukan kinerja memuaskan dengan return 12,2%.
 
Bahkan produk reksa dana Sam Indonesia Equity Fund yang dikelola oleh perusahaan MI ini berhasil mencetak return tertinggi diantara seluruh produk reksa dana terbuka dengan yield 40,94% di sepanjang year to date hingga 17 Desember 2012.
 
Angka tersebut jauh melampuai indeks harga saham gabungan (IHSG) yang berada di level 12,92%, serta rerata imbal hasil reksa dana saham yang bertumbuh 8,82% dari akhir tahun lalu. 
 
Di sisi lain, dua produk reksa dana yang dikelola PT MNC Asset Management juga berhasil mencetak return cukup gemilang. Terlihat dari kinerja reksa dana saham MNC Dana Ekuitas yang bertumbuh hingga 31,5%. Ini sekaligus mengukuhkan MNC Dana Ekuitas sebagai reksa dana yang mencetak return kedua tertinggi setelah Sam Indonesia Equity Fund.
 
Sedangkan MNC Dana Kombinasi yang merupakan reksa dana campuran berhasil mencetak return sebesar 26,9%. Bila dilihat secara keseluruhan, reksa dana ini menempati posisi keempat dari reksa dana campuran.  Di bawah, Nikko BUMN Plus dengan yield 30,94% sekaligus menjadi produk dengan return tertinggi pada produk jenis ini. (faa)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Dara Aziliya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top