Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARGA EMAS: Capai Rekor US$1.697,20 per Ounce, Terdorong Sentimen Global

SINGAPURA :  Harga emas mecapai level tertinggi dalam lebih  5 bulanseiring data ekonomi global mendorong bank sentral mengambil kebijakanpendukung pertumbuhan ekonomi, sehingga meningkatkan harga logam mulia.Harga perak naik level tertinggi

SINGAPURA :  Harga emas mecapai level tertinggi dalam lebih  5 bulanseiring data ekonomi global mendorong bank sentral mengambil kebijakanpendukung pertumbuhan ekonomi, sehingga meningkatkan harga logam mulia.Harga perak naik level tertinggi sejak April.Harga emas untuk pengiriman langsung naik 0,3% menjadi US$1.697,20 perounce, level tertinggi sejak 13 Maret dan mencapai US$1.694,18 pada pukul14:26 waktu Singapura. Menurut data yang dicatat Bloomberg, aset dalamproduk efek beragun emas mencapai 2.459,963 ton pada 31 Agustus, setelahmencapai rekor 2.460,462 metrik ton pada 29 Agustus.Data manufaktur Eropa pada Agustus turun lebih besar dari yang diperkirakan,masih di bawah 50 selama 13 bulan berturut turut. Krisis utang Eropa yangmerupakan pasar ekspor terbesar bagi China telah mengganggu pertumbuhanglobal dan data 1 September menunjukkan produksi China turun untuk pertamakali dalam 9 bulan.

Di saat yang sama Menteri Keuangan Korea Selatan BahkJae Wan berencana mengumumkan stimulus ekonomi pekan depan. “Penurunan level manufaktur pada Agustus, terutama yang terjadi di China,menguatkan kemungkinan stimulus tambahan. Komposisi, waktu, dan besaranpaket stimulus masih belum ditentukan,” ujar Lachlan Shaw, analisCommonwealth Bank of Australia dalam surel Selasa (4/9).Harga emas juga menanjak seiring penguatan euro terhadap dolar AS sebelumpemimpin wilayah Eropa pekan ini bertemu untuk membahas rencana PresidenBank Sentral Eropa (ECB) Mario Draghi untuk membeli obligasi negara yangterlilit utang. Harga bulion cenderung berlawanan arah terhadap pergerakandolar AS.Harga emas untuk pengiriman Desember naik 0,7%menjadi US$1.699,60 per ouncedi bursa Comex New York, level tertinggi sejak 27 Maret. Harga emas sempatmencapai US$1.696,20 dan pasar AS tutup pada Senin (3/9) karena libur.Harga perak spot naik selama 3 hari berturut-turut menjadi US$32,315 perounce, level tertinggi sejak 13 April sebelum diperdagangkan padaUS$32,1637. (if)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nurul Hidayat

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper