Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BURSA INDONESIA: Saham Emiten Ritel dan Konsumsi Prospektif dipicu Daya Beli Masyarakat Kuat

JAKARTA:  Membaiknya pendapatan masyarakat diperkirakan akan menjadi sentimen positif bagi saham-saham ritel dan konsumsi di semester II 2012.  Keadaan ini akan mendorong tingginya permintaan hingga akhir tahun. Musababnya, rangkaian 

JAKARTA:  Membaiknya pendapatan masyarakat diperkirakan akan menjadi sentimen positif bagi saham-saham ritel dan konsumsi di semester II 2012.  Keadaan ini akan mendorong tingginya permintaan hingga akhir tahun. Musababnya, rangkaian  peristiwa penting seperti lebaran, Natal dan tahun baru.Secara siklus,  peluang meningkatnya penjualan hampir terjadi di semester kedua karena banyaknya permintaan, namun yang menjadi poin penting adalah meningkatnya pendapatan masyarakat seperti bonus banyak bagi karyawan, THR serta gaji ke-13 pegawai negeri.Kondisi itulah  yang mempengaruhi tingginya konsumsi masyarakat sehingga mempengaruhi permintaan di sektor ritel dan konsumsi.  Jadinya meningkat cukup signifikan di semester II. Pada gilirannya,  penguatan saham di sektor ritel berpeluang meningkat 15% dari semester pertama.Selain itu,  saham-saham emiten yang diperkirakan masih menarik bagi investor di semester kedua ini di antaranya saham PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS), dan PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR).Saham-saham tersebut akan lebih atraktif bila ditopang ekspansi usaha.  Momen-momen hari besar ini tidak terlalu signifikan dan hanya sesaat dimanfaatkan pasar, namun justru peluang ekspansi usaha itu bisa menyerap nett dari penjualan.Sementara itu, saham MAPI masih layak jadi incaran karena ekspansi masih dinilai bagus sehingga bisa menaikkan pendapatan. Selain itu, ia juga menyebutkan UNVR menjadi salah satu emiten yang konsisten dan defensif dari dampak global.  Dari pengalaman Unilever tidak banyak terpengaruh dari sentimen buruk global semisal harga komoditi dunia. (api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper