Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BURSA EROPA: Kecemasan soal Yunani kian gawat, indeks Eropa berguguran

LONDON: Bursa Eropa terlempar dengan loss terbesar dalam sebulan, di tengah gawatnya nasib Yunani yang mungkin akan keluar dari zona euro, jelang pertemuan pemimpin Eropa di Brussels.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 24 Mei 2012  |  05:30 WIB

LONDON: Bursa Eropa terlempar dengan loss terbesar dalam sebulan, di tengah gawatnya nasib Yunani yang mungkin akan keluar dari zona euro, jelang pertemuan pemimpin Eropa di Brussels.

 

Indeks Stoxx Europe 600 tergerus 2,1% ke 239,51 pada penutupan jelang tengah malam tadi waktu Jakarta, Rabu 23 Mei 2012, menghentikan reli hingga 2,5% dalam 2 hari terakhir.

 

Penurunan itu merupakan yang terbesar sejak 23 April. Sejak mencapai rekor tertinggi sepanjang tahun pada 16 Maret, indeks acuan tersebut sudah tenggelam 12%.

 

Saham Vedanta Resources Plc dan Petropavlovsk Plc memimpin penurunan sektor sumberdaya alam setelah harga emas dan perak kembali meleleh, seiring dengan menguatnya dolar AS.

 

Saham London Stock Exchange Group tersungkur dengan loss terbesar dalam 2,5 tahun setelah UniCredit SpA dan Intesa Sanpaolo SpA melepas 11,5% sahamnya.

 

“Kekhawatiran soal Yunani adalah bobot besar bagi pasar yang membuat ketidakpastian,” kata Emmanuel Soupre, manajer investasi Neuflize Private Assets di Paris.

 

“Perusahaan berjalan baik, tapi situasi makronya kompleks. Karena itu sikap terbaik yang bisa ditempuh investor adalah berhati-hati.”

 

Sementara itu, hampir seluruh indeks nasional di Eropa juga jatuh, kecuali Islandia. FTSE 100 Inggris turun 2,5%,  DAX Jerman –2,3%, dan CAC 40 Prancis tenggelam 2,6%. (Bloomberg/Bsi)

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswire

Editor : Puput Jumantirawan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top