Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PASAR OBLIGASI: Investor masih wait and see

JAKARTA: Pemodal diperkirakan masih akan wait and see di pasar obligasi sampai adanya sentimen pendorong baik dari dalam negeri maupun luar negeri.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 16 Mei 2012  |  11:01 WIB

JAKARTA: Pemodal diperkirakan masih akan wait and see di pasar obligasi sampai adanya sentimen pendorong baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Sekretaris Perusahaan Indonesia Bond Pricing Agency (IBPA) Tumpal Sihombing melaporkan pada perdagangan kemarin tingkat yield untuk rata-rata keseluruhan tenor mengalami kenaikan hingga 12,6 basis pon.

Kenaikan yield tersebut mengindikasikan penurunan harga obligasi karena pergerakan keduanya berlawanan di pasar sekunder.

"Sejak dua pekan terakhir kenaikan yield diperkirakan masih terimbas situasi politik yang terjadi di Yunani," katanya dalam laporan harian yang dirilis pagi ini 16 Mei 2012.

Dalam kondisi ini, jelasnya,  investor diperkirakan cenderung untuk menahan diri sementara waktu hingga adanya sentimen pendorong yang mampu membalikan harga.

Dia menuturkan rata-rata yield pada tenor pendek (1 tahun-4 tahun) pada perdagangan kemarin tercatat mengalami kenaikan sebesar +8,4 bps, tenor menengah (5 tahun-7 tahun) meningkat sebesar +12,0 bps, dan tenor panjang (8 tahun-30 tahun) meningkat sebesar +7,2 bps.

"Peningkatan yield di sepanjang tenor mendorong GBIX-Effective Yield meningkat sebesar +1,29% dari level 6,198% menjadi 6,278% pada penutupan perdagangan kemarin," ujarnya.

Sementara itu, koreksi harga untuk seri SUN benchmark berada pada rentang 54,9 bps-96,3 bps. Harga untuk seri FR0060 mencatatkan penurunan sebesar –54,9 bps ke posisi 103,538, seri FR0061 turun sebesar –90,0 bps ke posisi 104,250, seri FR0059 turun sebesar –85,8 bps ke posisi 102,159, dan harga untuk seri FR0058 turun sebesar –96,3 bps ke posisi 112,150. (arh)

 

JANGAN LEWATKAN: 

+ TRAGEDI SUKHOI: Jadi tanda tanya kenapa black box hangus terbakar

+ Antam turunkan harga buybackRp8.500 per gram

+ HARGA KOMODITAS: Indeks naik meski minyak terkoreksi

+ EURO bergerak flat

+ TRAFFIC HARI INI: Kendaraan menumpuk di sejumlah ruas

+ CUACA HARI INI: Hujan ringan hampir merata

+ HEADLINE HARI INI: Regulasi baru tak pro pebisnis

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Achmad Aris

Editor : Annisa Lestari Ciptaningtyas

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top