Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AON brokeri asuransi pembiayaan kapal CIMB

JAKARTA: PT Bank CIMB Niaga menggandeng PT AON Indonesia untuk menjadi broker asuransi dalam pembiayaan kapal yang disalurkan oleh perseroan.Berdasarkan kerangka kerja sama tersebut AON Indonesia lantas membentuk konsorsium asuransi kapal yang terdiri

JAKARTA: PT Bank CIMB Niaga menggandeng PT AON Indonesia untuk menjadi broker asuransi dalam pembiayaan kapal yang disalurkan oleh perseroan.Berdasarkan kerangka kerja sama tersebut AON Indonesia lantas membentuk konsorsium asuransi kapal yang terdiri dari  perusahaan rekanan CIMB Niaga. Persuahaan tersebut adalah Asuransi Sinar Mas, Asuransi Jasindo, Asuransi ACA, Asuransi Wahana tata dan Asuransi Jaya Proteksi.Dalam kerja sama tersebut AON Indonesia akan bertindak sebagai broker asuransi yang melakukan penyederhanaan alur asuransi, mulai dari proses penutupan polis hingga klaim di perusahaan asuransi rekanan.Direktur Commercial Banking & Syariah CIMB Niaga Handoyo Subali mengungkapkan kerjasama ini berawal dari kebutuhan standarisasi syarat dan ketentuan untuk penutupan asuransi atas pembiayaan kapal yang diberikan CIMB Niaga. Selain itu, juga sebagai upaya mitigasi risiko pembiayaan kapal."Asuransi kapal merupakan asuransi yang terbilang rumit dan menuntut ketelitian tinggi. Bank tidak bisa masuk mengurusi semuanya di situ. Untuk itu kami membutuhkan perusahaan yang memiliki keahlian dalam hal asuransi pembiayaan kapal," jelasnya.Dia mengungkapkan asuransi pada kapal perlu dilakukan karena kapal-kapal tersebut merupakan agunan dari nasabah untuk bank, padahal kapal tersebut masih digunakan untuk proses produksi oleh nasabah.Handoyo melanjutkan dalam proses produksi tersebut kapal berisiko mengalami kasus-kasus speerti tenggelam maupun pembajakan. Padahal saat risiko terjadi, pengajuan klaim asuransi tidaklah mudah dan banyak memerlukan klausul spesifik."Ini nanti sebagai broker, AON akan bersifat melindungi bank dan nasabah sekaligus. Jadi mereka juga akan bertindak sebagai konsultan dan membantu mulai dari pengajuan premi sampai klaim," jelasnya.Optimistis industri kapalKerja sama dengan AON tersebut dilakukan perusahaan karena optimisme pada industri perkapalan. Menurut Handoyo Industri kapa nasional akan berkembang pesat terutama sejak pemberlakukan asas cabotage per tahun lalu.Adapun perseroan mencatatakan peningkatan penyaluran pembiayaan kapal sebesar 31,5% menjadi Rp2,5 triliun pada tahun lalu dibandingkan capaian 2010 Rp 1,9 triliun.Hingga saat ini mayoritas penyaluran pembiyaan perkapalan yang dilakukan perseroan masih berada di wilayah DKI Jakarta sebanyak 66% dari total portofolio, disusul wilayah Surabaya dan Batam sebanyak 18%. Sementara sisanya disalurkan ke wilayah Kalimantan.Tito Sudiarto, Group Head Lending Product Specialist 2 Bank CIMB Niaga menambahkan, dengan adanya kerja sama ini perseroan seharusnya bisa menambah portofolio pembiayaan hingga dua kali lipat."Selama ini kita sendirian bisa meraih Rp2,5 triliun. Kalau berdua dibantu AON seharusnya bisa double, setidaknya Rp5 triliun," tegasnya. (Bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : M. Munir Haikal

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper