Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SUMBER ALFARIA: Sigmantara raup Rp2,15 triliun

JAKARTA: PT Sigmantara Alfindo, pendiri sekaligus pemilik saham mayoritas PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, meraup dana segar senilai Rp2,15 triliun dari dua kali penjualan sahamnya.Direktur Sigmantara Alfindo Djoko Susanto, melalui dokumen keterbukaan

JAKARTA: PT Sigmantara Alfindo, pendiri sekaligus pemilik saham mayoritas PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, meraup dana segar senilai Rp2,15 triliun dari dua kali penjualan sahamnya.Direktur Sigmantara Alfindo Djoko Susanto, melalui dokumen keterbukaan yang disampaikan hari ini, 11 Januari 2012, mengumumkan penjualan 147,75 juta lembar saham dengan harga Rp4100 per lembarnya. Dalam dokumen tersebut disebutkan bahwa transaksi dilakukan pada 3 Januari 2011.Sebelumnya, Sigmantara juga telah melepas 343,18 juta lembar sahamnya di Sumber Alfaria pada 7 Desember lalu di harga Rp4500 per lembar sahamnya. Ketika itu, total dana yang diraup berjumlah Rp1,54triliun, sedangkan pada transaksi 3 Januari 2011, total dana yang didapat Rp605,78 miliar.Sayangnya, Djoko tidak menyebutkan identitas pembeli saham Sumber Alfaria. Dia hanya menyebutkan bahwa saat ini, kepemilikan Sigmantara di Sumber Alfaria mencapai 53,58%, atau setara dengan 1,84 miliar lembar saham.Adapun, menurut Djoko, tujuan penjualan saham adalah divestasi anak usaha.Berdasarkan catatan Bisnis, Sumber Alfaria mengumumkan rencana untuk melepas saham baru (rights issue), pada Oktober tahun lalu. Dalam prospektus disebutkan bahwa jumlah saham yang diterbitkan sebanyak 343 juta lembar, dengan harga minimal per lembar saham Rp3386.Corporate Secretary Sumber Alfaria Fernia Rosalie Kristanto, saat dihubungi wartawan, menyebutkan bahwa berkurangnya saham Sigmantara Alfindo tidak terkait dengan rencana rights issue emiten berkode saham AMRT tersebut. Merujuk hal tersebut, kepemilikan Sigmantara di Sumber Alfaria akan semakin berkurang dengan dilaksakannya right issue.Dalam prospektus disebutkan bahwa porsi kepemilikan Sigmantara di Sumber Alfaria akan tergerus dari 64,66% menjadi 58,79% selepas proses rights issue selesai.Pada perdagangan hari ini, saham AMRT stagnan di harga Rp3800 per lembar sahamnya, membentuk kapitalisasi pasar sebesar Rp13,04 triliun. (faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Erly Rusiawati
Editor : Dara Aziliya

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper