Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga emas sedikit berkilau

LONDON: Harga kontrak emas naik di New York dipicu kekhawatiran terhadap krisis utang Eropa yang mendorong permintaan logam mulia untuk melindungi kekayaan.Harga emas untuk pengiriman Desember naik US$16,80 (0,9%) menjadi US$1.795,70 per ounce di Comex,

LONDON: Harga kontrak emas naik di New York dipicu kekhawatiran terhadap krisis utang Eropa yang mendorong permintaan logam mulia untuk melindungi kekayaan.Harga emas untuk pengiriman Desember naik US$16,80 (0,9%) menjadi US$1.795,70 per ounce di Comex, New York. Untuk pengiriman segera, harga logam mulia ini meningkat 0,8% menjadi US$1.792,75 di London.Peningkatan harga emas ini didorong krisis utang di Eropa yang membuat investor mendiversifikasi kepemilikan mereka dari saham dan mata uang ke emas. Harga logam mulia meningkat 26% tahun ini mengalahkan saham global, komoditas dan treausury."Berlanjutnya kekhawatiran tentang utang di zona euro mungkin terus mendorong harga emas sebelum para pembuat kebijakan akan menaikkan biay pinjaman untuk negara-negara di wilayah itu," ujar Bjarne Schieldrop, ketua analis komoditas pada SEB AB yang berbasis di Oslo.Italia menyusul Spanyol, Irlandia, Portugal, Siprus dan Yunani di wilayah euro yang peringkat kreditnya dipangkas tahun ini. Bank Sentral Eropa (ECB) bulan lalu mulai membeli obligasi pemerintah Italia dan Spanyol setelah krisis utang di wilayah itu mendorong imbal hasil surat utang di zona euro mencapai rekor.Standard & Poor’s memangkas peringkat kredit Italia yang menambah kekhawatiran krisis utang Eropa akan mendorong peningkatan biaya pinjaman di wilayah tersebut. (tw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Editor : Nadya Kurnia
Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper