Data pertumbuhan AS dongkrak saham Eropa

Yanto Rachmat Iskandar
Yanto Rachmat Iskandar - Bisnis.com 17 Desember 2010  |  00:31 WIB

LONDON: Saham Eropa menguat untuk kedelapan kali sepanjang sembilan hari terakhir setelah data pertumbuhan ekonomi AS, yang melebihi ekspektasi, mengangkat kepercayaan akan perbaikan ekonomi.

Ericsson AB naik 4,3% setelah Svenska Handlesbanken AB mengangkat rating produsen jaringan telepon selular terbesar dunia tersebut. Danisco A/S, produsen bumbu masak, terangkat 4,4% setelah laporan pertumbuhan pendapatan yang melebihi estimasi. BP Plc turun 1,4% setelah pemerintahan Obama menuntut perusahaan tersebut dengan tuduhan perusakan lingkungan, mengacu pada tumpahan minyak di Teluk Meksiko.

Pasar mulai terbiasa dengan fluktuasi dan perubahan-perubahan yang dialami Eropa. Eropa tengah merasakan angin segar dikarenakan membaiknya pertumbuhan ekonomi AS dan hal tersebut akan menguntungkan kinerja aset risiko, ucap Larry Hahewayahlo, ahli eknomi dan strategi alokasi aset UBS AG di London.

Indeks Stoxx Europe 600 naik 0,4% menjadi 277,59 pada 4:30 di penutupan London setelah berfluktuasi lebih dari 20 kali. Indeks telah bereli 9,3% tahun ini dipicu laporan pendapatan perusahaan-perusahaan yang melebihi proyeksi.

Indeks acuan menguat di 10 dari 18 bursa Eropa hari ini. CAC Prancis terangkat 0,2%, DAX Jerman bertambah 0,1% dan FTSE 100 Inggris sedikit berubah. (T05/mrp)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top