Investor mulai lepas emas

SEATTLE: Emas di pasar berjangka turun seiring dengan pelepasan komoditas itu oleh investor, menyusul rekor kenaikan perlahan selama enam sesi. Perak memperpanjang kenaikannya ke level tertinggi dalam 30 tahun.
Yusuf Waluyo Jati | 08 Desember 2010 00:39 WIB

SEATTLE: Emas di pasar berjangka turun seiring dengan pelepasan komoditas itu oleh investor, menyusul rekor kenaikan perlahan selama enam sesi. Perak memperpanjang kenaikannya ke level tertinggi dalam 30 tahun.

Sebelumnya, emas menyentuh level tingginya sepanjang waktu di level US$1.432,50 per ons setelah dolar turun ke level rendah dalam tiga minggu terhadap yen dan melemah terhadap sebagian besar mata uang utama lainnya seiring dengan kebijakan Presiden Barack Obama yang setuju untuk memperpanjang pemotongan pajak. Harga logam dalam mata uang euro juga mencatat rekor."Anda memiliki beberapa penjual yang tidak memiliki keragu-raguan. Kita sedang mendekati akhir tahun dan kini saat yang tepat untuk mengambil keuntungan dengan adanya kenaikan emas ini," kata Matthew Zeman, pelaku perdagangan logam di pada LaSalle Futures Group, Chicago."Emas berjangka untuk pengiriman Februari turun US$7,10 atau 0,5% menyentuh level US$1.409 per ons di Comex, New York, yang merupakan penurunan pertamanya sejak 26 November. Emas untuk pengiriman langsung menyentuh rekor di level US$1.431,25.Di Comex, emas melonjak 29% tahun ini menuju kenaikan kesepuluh kalinya secara berturut-turut setelah pemerintah menghabiskan triliunan dolar dan mempertahankan biaya pinjaman rendah guna mendorong perekonomian yang terluka oleh resesi global terparah semenjak Perang Dunia II."Kita tidak memiliki pertumbuhan yang nyata dan tidak juga diikuti oleh kenaikan suku bunga. Pandangan jangka panjang adalah pemerintah akan terus memberikan likuiditas kepada pasar dan menurunkan nilai mata uang mereka. Hal ini menyebabkan emas bergerak ke harga yang lebih tinggi," kata Frank McGhee, kepala dealer di Integrated Jasa Broker, Chicago."Perak berjangka untuk pengiriman Maret naik 4,2 sent atau 0,1% menjadi US$29,777 per ons di Comex. Sebelumnya, harga berjangka tersebut menyentuh level US$30,75, pencapaian tertinggi untuk kontrak teraktif sejak Maret 1980. Sementara, logam telah mencapai kenaikan 77% tahun ini.Palladium di pasar berjangka untuk pengiriman Maret turun US$12,70 atau 1,7% menjadi US$738,70 per ons di New York Mercantile Exchange. Harga kontrak berjangka tersebut melonjak 81% tahun ini.Platinum berjangka untuk pengiriman Januari turun US$8,40 atau 0,5% menjadi US$1.705,20 per ons. Sementara, logam telah mencapai kenaikan 16% tahun ini. (t06/msw)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top