Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Amazon Akuisisi Whole Foods, Wall Street Ditutup Melemah

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup menguat 24,38 poin atau 0,11% ke level 21.384,28, sedangkan indeks Standard & Poors 500 menguat 0,69 poin atau 0,03% ke posisi 2.433,15.
Wallstreet/Reuters
Wallstreet/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Amerika Serikat ditutup menguat pada perdagangan Jumat (16/6/2017), bahkan di saat kesepakatan Amazon.com untuk menakuisisi Whole Foods mengguncang sektor ritel serta saham-saham emiten termasuk Wal-Mart dan Target.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup menguat 24,38 poin atau 0,11% ke level 21.384,28, sedangkan indeks Standard & Poor’s 500 menguat 0,69 poin atau 0,03% ke posisi 2.433,15.

Seperti dilansir Reuters, kesepakatan akuisisi Whole Foods oleh Amazon senilai US13,7 miliar terbukti menjadi penekan sektor ritel dan menandai langkah besar peritel online internet ini ke sektor retail konvensional.

Saham Wal-Mart merosot 4,7% dan membebani indeks Dow Jones. Saham Target, Walgreen Boots dan Costco juga melemah masing-masing antara 5% hingga 7%.

"Ini akan mengirim gelombang kejutan ke seluruh indeks, dan ini merupakan gangguan pasar yang paling nyata," kata Burns McKinney, kepala tim investasi Dallas untuk Allianz Global Investors, seperti dikutip Reuters.

Pasca berita akuisisi tersebut, saham Amazon naik 2,4% dan menjadi pendorong utama indeks S & P 500. Adapun saham Whole Foods melonjak 29,1%.

Sektor consumer indeks S&P melemah 1% dan sejauh ini merupakan sektor dengan kinerja terburuk. Saham Kroger merupakan menjadi penekan utama pada indeks S&P 500 setelah melemah 9,2%.

Di sisi lain, sektor energi naik 1,7% dan menjadi penopang indeks S&P 500. Harga minyak melambung dari posisi terendah tahun ini karena beberapa produsen mengurangi ekspor dan penambahan jumlah anjungan pengeboran di AS melambat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper