Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Astra Otoparts (AUTO) Tebar Dividen Rp57 per Saham, Kapan Cair?

Astra Otoparts (AUTO) akan membagikan dividen sebesar Rp57 per saham dan dijadwalkan cair akhir bulan ini.
Aerial foto gedung Menara Astra yang ada di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat. Bisnis/Nurul Hidayat
Aerial foto gedung Menara Astra yang ada di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat. Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten produsen komponen otomotif PT Astra Otoparts Tbk. (AUTO) akan membagikan dividen sebesar Rp57 per saham kepada pemegang sahamnya. Dividen ini dijadwalkan cair pada akhir bulan ini.

Berdasarkan keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), AUTO akan membagikan dividen sebesar Rp57 per saham, atau dengan total Rp274,72 miliar.

"Direksi perseroan telah memutuskan untuk membagikan dividen interim tahun buku 2024 sebesar Rp57 setiap saham kepada pemegang saham perseroan," tulis manajemen, Jumat (4/10/2024).

AUTO menjadwalkan cum dividen di pasar reguler dan negosiasi pada 14 Oktober 2024, dengan ex dividen di pasar reguler dan negosiasi pada 15 Oktober 2024.

Cum dividen interim di pasar tunai pada 16 Oktober 2024, dengan ex dividen interim di pasar tunai pada 17 Oktober 2024.

Sementara itu, recording date yang berhak atas dividen interim pada 16 Oktober 2024. Adapun pembayaran dividen interim adalah pada 24 Oktober 2024.

AUTO menjelaskan data keuangan per 30 Juni 2024 yang mendasari pembagian dividen interim tersebut. Laba bersih AUTO per 30 Juni 2024 adalah sebesar Rp1,01 triliun, dengan saldo laba ditahan yang tidak dibatasi penggunaannya sebesar Rp9,71 triliun. Total ekuitas AUTO per 30 Juni 2024 sebesar Rp14,84 triliun.

Adapun apabila dibandingkan dengan dividen interim pada tahun 2023, jumlah dividen interim AUTO untuk tahun buku 2024 ini tercatat lebih tinggi. Pada tahun buku 2023, AUTO membagikan dividen interim sebesar Rp40 per saham.

Total nilai dividen interim yang dibagikan AUTO pada tahun lalu tersebut adalah sebesar Rp192,7 miliar.

Sementara itu, besaran dividen yield dari UNTR adalah 2,41%. Nilai dividen yield ini didapatkan dengan membandingkan nilai dividen per saham dengan harga saham yang dimiliki. Dividen yield menjadi salah satu ukuran berapa persen keuntungan yang diperoleh dari investasi saham.

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper